Kadisdikbud Aceh Besar yang diwakili Kabid Kebudayaan Disdikbud Aceh Besar, Dra Zaimah MSi saat membuka penguatan SDM DKA Kecamatan dan sanggar seni di Kabupaten Aceh Besar di Gedung PKK Kabupaten Aceh Besar, Kota Jantho, Sabtu (4/12/2021). FOTO/ HERMAN HILMY


lamurionline.com -- Kota Jantho : Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Aceh Besar menggelar kegiatan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) DKA Kecamatan dan sanggar seni di Kabupaten Aceh Besar selama dua hari, Sabtu dan Minggu (4-5/12/2021).

Kegiatan yang dimotori Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar berlangsung di Gedung PKK Kabupaten Aceh Besar, Kota Jantho dibuka Kadisdikbud Aceh Besar yang diwakili Kabid Kebudayaan Disdikbud Aceh Besar, Dra Zaimah MSi.

Ketua DKA Aceh Besar Mariadi ST MM memberikan sambutan pada acara penguatan SDM DKA Kecamatan dan sanggar seni di Kabupaten Aceh Besar di Gedung PKK Kabupaten Aceh Besar, Kota Jantho, Sabtu (4/12/2021). FOTO/ HERMAN HILMY


Ketua Panitia Pelaksana, Abrar SPd dalam laporannya menjelaskan penguatan SDM ini diikuti oleh 45 orang peserta terdiri dari pengurus DKA Aceh Besar, sejumlah pimpinan sanggar seni dan ketua DKA Kecamatan. Untuk penguatan SDM DKA Kecamatan dan sanggar seni oleh empat pemateri, yaitu Kabid Kebudayaan Disdikbud Aceh Besar, Dra Zaimah MSi, Majelis Pertimbangan Organisasi DKA, Drs Burhanuddin MA MM, Praktisi Seni, M Nawi Us dan Seniman Tradisi, Syeh Medya Hus.

Ketua DKA Aceh Besar, Mariadi ST, MM, dalam sambutannya menegaskan bahwa penguatan DKA Kecamatan sebagai upaya penguatan komunitas dalam menghadapi perubahan sosial dan globalisasi zaman. DKA Kecamatan, sebut Mariadi merupakan benteng terakhir dan roda utama pergerakan DKA dalam melestarikan seni budaya di Aceh Besar. “Penguatan SDM para pengurus DKA penting, sehingga para seniman yang tergabung dalam wadah DKA memiliki kapasitan dalam menjalankan program-program memajukan seni khususnya di Aceh Besar,” tururnya.

Dalam kesempatan itu juga Mariadi ST MM turut menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga kegiatan tersebut dapat terselenggara dengan baik dan sukses. “Tentunya DKA Kabupaten Aceh Besar periode ini akan terus berupaya untuk kemajuan seni dan budaya Aceh Besar dengan berbagai rangkaian program kegiatan yang akan dibahas pada rapat kerja (raker) yang berbarengan dengan penguatan SDM DKA dan Sanggar ini. Pembinaan kepada sanggar-sanggar yang ada di Kabupaten Aceh Besar akan kita prioritaskan,” terang Mariadi.

Peserta acara penguatan SDM DKA Kecamatan dan sanggar seni di Kabupaten Aceh Besar di Gedung PKK Kabupaten Aceh Besar, Kota Jantho, Sabtu (4/12/2021). FOTO/ HERMAN HILMY


Dalam sambutannya, Kabid Kebudayaan Dra Zaimah MSi menyampaikan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan DKA Aceh Besar yang terus mencoba melestarikan seni budaya di Aceh Besar. “Diskdikbud juga terus melakukan yang terbaik untuk keberlangsungan seni budaya di Aceh Besar, salah satunya melalui pembinaan sanggar-sanggar di Kecamatan sebagaimana telah kami lakukan beberapa waktu yang lalu," kata Zaimah, Kabid Kebudayaan Diskdikbud Aceh Besar.

Mengingat kegiatan seperti ini, Zaimah, mengatakan bahwa guna memotivasi seniman dan pengurus sanggar yang ada di Kabupaten Aceh Besar tentunya sangat penting diselenggarakan. 

Ketua panitia pelaksana, Abrar, S. Pd memberikan laporannya pada acara penguatan SDM DKA Kecamatan dan sanggar seni di Kabupaten Aceh Besar di Gedung PKK Kabupaten Aceh Besar, Kota Jantho, Sabtu (4/12/2021). FOTO/ HERMAN HILMY



“Dalam hal ini juga, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga tidak terlepas dari kegiatan pembinaan seni dan budaya. Oleh karena itu pembinaan kepada pelaku seni mapun sanggar di Kabupaten Aceh Besar akan terus kita upayakan,” ujar Zaimah.

Pada tahun 2021 ini juga kita telah memberikan stimulus untuk pembinaan sanggar-sanggar yang ada dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar. Oleh karena itu, diharapkan kepada sanggar yang belum memiliki legalitas untuk segera mengurus legalitas sanggar agar nantinya mendapatkan juga stimulus pembinaan sanggar guna membantu eksisnya sanggar untuk kemajuan seni budaya di Kabupaten Aceh Besar. “Selain itu juga kita berharap kepada DKA Kabupaten Aceh Besar dapat terus eksis untuk kemajuan kesenian dan budaya di Kabupaten Aceh Besar” lanjutnya.

Selain itu, dalam kegiatan penguatan SDM DKA Kecamatan dan sanggar seni, DKA Aceh Besar juga rangkai dengan Rapat Kerja DKAB. “Raker ini juga sebagai upaya sinergitas antara DKA Kabupaten, DKA Kecamatan dan pelaku seni lainnya Kita akan menyusun program yang nantinya dapat mengakomodir seluruh insan seni di Aceh Besar,” kata Mariadi ST MM, Ketua DKA Aceh Besar.

Dalam kegiatan itu Mariadi, bisa lahir beberapa rekomendasi program kerja dari masing-masing bidang kepengurusan untuk kemajuan DKA dan seni budaya di Aceh Besar. “Insya Allah nanti DKA akan membuat rekomendasi dan kita sampaikan kepada pemerintah daerah untuk program kemajuan. Termasuk kita sampaikan juga kepada pemerintahan gampong,” demikian Mariadi. 

Turut hadir dalam kesempatan pembukaan kegiatan tersebut para pejabat Disdikbud Aceh Besar, seniman, praktisi, serta para pengurus sanggar yang ada dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar.(Abrar/Muiz)







SHARE :
 
Top