LAMURIONLINE.COM | ACEH - Laboratorium Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh menerima kunjungan dari MAN 1 Pidie sesuai dengan surat perjanjian kerja sama antara kantor wilayah kementrian Agama Provinsi Aceh dengan UIN Ar-raniry, Kamis (9/12)

Kunjungan ini terdiri dari 100 peserta didik dan 6 guru pendamping termasuk kepala Sekolah MAN 1 Pidie yang disambut langsung oleh ketua prodi Pendidikan Fisika, Misbahul Jannah, Sekretaris prodi Pendidikan fisika, Fitriyawany dan Kepala Laboratorium Fisika, Jufrisal, beserta seluruh dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan fisika.

Dalam kunjungan tersebut Kepala Sekolah MAN 1 Pidie, Darwin menyampaikan banyak terima kasih kepada labolatorium fisika terhadap penyambutan yang sangat luar biasa dan ia juga menyampaikan tujuan dari kunjungan nya di labolatorium Prodi Pendidikan fisika.

“Besar terima kasih kami atas penyambutannya yang sangat luar biasa dari labolatorium Prodi Pendidikan fisika. Adapun tujuan dari kunjungan kami ialah ingin bersilaturahmi dan mengajak peserta didik MAN 1 Pidie melihat berbagai praktikum dan karya-karya yang ada di lab ini.” ungkap Darwin

Sementara itu Ketua Prodi Pendidikan Fisika UIN Ar-raniry, Misbahul Jannah menyambut hangat kunjungan MAN 1 Pidie. Ia bersedia berbagi pengetahuan seputar kegiatan praktikum yang biasa dilakukan oleh mahasiswa prodi Pendidikan fisika.

“Adik-adik nanti akan di pandu dalam melakukan praktikum yang ada di labolatorium ini seperti listrik searah, listrik paralel dan menghitung frekuensi gelombang juga praktikum-praktikum lain nya.” Ucap Misbahul Jannah Ketua Prodi Pendidikan Fisika

Ia menjelaskan, kegiatan kunjungan ini berupa praktikum, pengenalan alat-alat peraga fisika dan tanya jawab tentang hal-hal yang di paparkan oleh mahasiswa (asisten labolatorium) Pendidikan fisika.

Dalam kegiatan ini, lanjutnya, seluruh peserta didik tersebut berkesempatan belajar Bersama dengan dosen pogram studi Pendidikan fisika dan para mahasiswa (asisten labolatorium) pendidikan fisika.

Selain itu, peserta didik juga di ajak melakukan berbagai praktikum seperti Arduino Project, listrik, gelombang, dan optic serta melihat berbagai koleksi alat praktikum dan hasil karya-karya mahasiswa Prodi Pendidikan fisika yang ada di labolatorium Pendidikan fisika. 

“Kami seluruh asisten laboratorium juga ikut senang dengan kedatangan peserta didik dari MAN 1 Pidie. Kami juga berharap dengan silahturrahmi ini semoga peserta didik tertarik untuk mendalami ilmu fisika kedepannya dibangku perkuliahan. Dalam kegiatan ini para peserta didik terlihat antusias apalagi saat melihat alat-alat praktikum yang belum pernah mereka lihat di sekolah dan peserta didik juga diarahkan oleh asisten laboratorium dalam merangkai berbagai alat praktikum.” Ungkap Manhaj Adin salah satu asisten laboratorium Pendidikan Fisika. 

Dalam kunjungan tersebut ketua Prodi Pendidikan Fisika berharap dengan terlaksanakannya kegitan ini dapat menambah ketertarikan siswa terhadap Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan terjalin kerjasama yang baik antara MAN 1 dengan Laboratorium Prodi Pendidika Fisika.

“Semoga kegitan ini dapat menambah wawasan dan ketertarikan adik-adik terhadap Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khusus nya pada pelajaran Fisika di sekolah. Dan dengan terlaksakannya kegiatan ini dapat menjalin kerja sama yang harmonis antara MAN 1 Pidie dengan labolatorium kami” tutup Misbahul Jannah Ketua Prodi Pendidikan Fisika. (farial/rel)

SHARE :
 
Top