lamurionline.com -- Idi : Peserta didik MAN 3 Aceh Timur dilatih untuk memiliki jiwa wirausaha yang Islami pada Kamis (24/02/22). Acara tersebut dilaksanakan di halaman MAN  3 Aceh Timur dan diikuti oleh seluruh perwakilan kelas dalam rangka mewujudkan wirausaha pelajar yang bernuansa Islami, dalam kesempatan tersebut Kepala MAN 3 Aceh Timur mengatakan market day yang diselenggarakan kali ini merupakan implementasi dari teori-teori yang selama ini diajarkan di kelas. 

Lebih lanjut Razali merasa senang karena kegiatan market day ini disambut antusias oleh peserta didik dan berjalan lancar, para siswa berhasil melaksanakan kegiatan Market Day di lingkungan madrasah. 

Razali menambahkan Kegiatan market day ini bertujuan untuk  melatih jiwa wirausaha dan menyiapkan para siswa untuk jadi entrepreneur yang Islami. 

Masih kata Razali, Alhamdulillah antusiasme pengunjung pada acara market day sangat luar biasa bahkan beberapa stan berhasil menjual habis produknya dalam waktu yang sangat singkat. 

Salah satu siswa  kelas 11 MIA 1  pemilik stan market day Rizki dan kelompoknya  mengungkapkan kepuasannya karena telah berhasil menjual habis produk olahannya berupa Nasi Goreng dan lainnya.

“Alhamdulillah nasi goreng sayur jualan saya habis Pak. Saya senang sekali. Ternyata begini rasanya saat jualan kita habis, memuaskan sekali. Sepertinya saya tidak kapok jualan lagi. Saya mau ada market day seperti ini setiap hari. ” Ujarnya riski dengan penuh rasa puas.

Market Day yang kita laksanakan ini merupakan kreativitas siswa yang di promotori oleh  wali kelas. Dalam praktik market day ini dituntut untuk dapat mengolah berbagai bahan makanan yang disarankan, seperti olahan buah, sayur, biji-bijian, beras, tepung dan lain sebagai nya. Kemudian berbagai hasil olahannya dapat mereka jual ke pada teman-temannya atau pengunjung acara Market Day Islami MAN 3 Aceh Timur” terang Razali.

Dalam kesempatan yang sama Syarifah Raudah, S.Pdi, selaku Ketua Panitia Market Day Islami yang juga menjabat sebagai Waka Kesiswaan MAN 3 Aceh Timur mengatakan ada 12 market day yang tersedia digunakan oleh para peserta didik untuk menjual makanan-makanan maupun minuman unik namun ramah dikantong yang dimulai pada pukul 08.30 WIB sampai pukul 12.30 Wib

Acara tersebut turut dihadiri oleh Muspika dan Pelajar di wilayah Kecamatan Ranto Perlak serta para dewan  guru dan peserta didik MAN 3 Aceh Timur 

Terakhir Syarifah mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh dewan guru yang telah menjadi mentor kewirausahaan bagi para peserta didiknya, semoga terus semangat. Semoga anak-anak kita menjadi riang dan terlatih untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam bidang entrepreneur”, tutupnya dengan bangga. (Cek Man/Irfan)

SHARE :
 
Top