lamurionline.com -- Blang Keujeren : Baitul Mal Aceh (BMA) kembali menyerahkan bantuan masa panik kepada 44 Kepala Keluarga (KK) korban kebakaran di desa Tunggel Kecamatan Rikit Gaib dan 1 KK korban puting beliung di desa Penosan Sepakat, Kecamatan Blang Jerango, Kabupaten Gayo Lues. 

Bantuan berupa uang tunai tersebut diantar langsung oleh Anggota Badan BMA, Mukhlis Sya’ya bersama tim BaGAH BMA, Kamis (31/03/2022). Turut hadir pula Ketua Badan BMK Gayo Lues, Teuku Kamsah beserta anggota Badan BMK, Kepala Sekretariat BMK Gayo Lues, Wahidin Porang dan Muspika Kec. Rikit Gaib. 

“Alhamdulillah, BMA kembali menyalurkan bantuan masa panik untuk 45 KK korban kebakaran dan puting beliung di Gayo Lues. Yang mengalami rusak berat dibantu Rp5juta sedangkan rusak ringan Rp1,5 juta.Total bantuannya mencapai Rp209 juta yang bersumber dari alokasi dana zakat senif gharimin tahun anggaran 2022,” kata Mukhlis Sya’ya.




Mukhlis menambahkan, bantuan untuk masa panik ini merupakan bentuk solidaritas Pemerintah Aceh melalui BMA terhadap masyarakat yang baru terkena musibah. 

Setiap tahunnya BMA menganggarkan dana zakat tersebut untuk korban bencana alam dan bencana kemanusiaan, seperti; gempa bumi, longsor, tsunami, kebakaran, dan musibah bencana alam lainnya yang datang tidak pernah diduga. 

“Maka bantuan seperti ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kita berharap dengan bantuan ini dapat meringankan beban para korban yang baru saja terkena musibah, walaupun tidak banyak setidaknya dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak,” ungkap Mukhlis.

Mukhlis menambahkan bantuan yang disalurkan tersebut bukanlah bantuan pribadi. Akan tetapi merupakan amanah yang dititipkan oleh para muzaki yang telah membayarkan zakatnya melalui BMA. 

“Kami dari BMA hanyalah para amil yang bertugas mengantarkan bantuan tersebut untuk para korban kebakaran. Nominalnya pun tidak terlalu besar dan kami berharap bisa dipakai untuk kebutuhan hidupnya. Apalagi dalam beberapa hari kedepannya akan memasuki bulan suci Ramadhan, sebisa mungkin bantuan tersebut bisa dipakai untuk kebutuhan dalam menghadapi bulan puasa,” jelas Mukhlis. 

Tak lupa Mukhlis meminta kepada mustahik (penerima bantuan) untuk mendoakan para muzaki yang telah memercayakan zakatnya melalui Baitul Mal Aceh. Semoga Allah memberkahi rezeki para muzaki dan diberikan kemudahan dalam segala urusan sehingga lebih banyak lagi mustahik dapat dibantu.

Mohon didoakan juga agar para amil BMA tetap istiqamah dalam menjalankan tugasnya. 

“Kepada para korban kebakaran, doa kami mudah-mudahan cepat pulih traumanya, senantiasa dilindungi dan dalam ridha Allah SWT,” pungkas Mukhlis Sya'ya.

Salah seorang korban, Ridwan Rusli (43) mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan uang tunai dari BMA tersebut. Menurut ayah dua anak ini, bantuan tersebut sudah tepat sasaran dan langsung diberikan kepada para korban musibah. 

"Alhamdulillah, dengan bantuan ini akan saya gunakan membeli kayu dan perlengkapan lainnya untuk membangun rumah sementara. Selain itu juga untuk kebutuhan sehari-hari selama bulan ramadhan," kata Ridwan Rusli. (*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top