lamurionline.com -- Aceh Besar : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr H Iqbal SAg MAg bersama Tim safari ramadhan program sapa umat, Senin malam (11/4/2022) melaksanakan kunjungan ke Masjid Besar Lambaro Angan Kecamatan Darussalam Aceh Besar.

Dalam kunjungan tersebut di samping melaksanakan shalat isya dan tarawih bersama, Kakanwil Kemenag Aceh menyampaikan tausiah kepada jamaah dan menyerahkan sejumlah bantuan berupa uang, mushaf Al Quran, sajadah dan jam dinding.

Kegiatan safari ramadhan 1443 hijriyah di laksanakan di seluruh Aceh dengan nama program sapa umat dengan tujuan untuk menyampaikan pesan pesan keagamaan dan berbagai informasi penting.

Dalam kunjungan ke Masjid Besar Lambaro Angan, Dr Iqbal menyampaikan 3 informasi penting  yaitu pelaksanaan ibadah haji tahun ini sudah ada kebijakan dari Kerajaan Arab Saudi untuk menerima 1 juta jamaah calon haji dari berbagai belahan dunia termasuk dari Indonesia. Akan tetapi saat ini Kemenag sedang menunggu kuota untuk pemberangkatan jamaah, .berapapun kuota yang di berikan kita telah siap untuk melayani jamaah calon haji untuk berangkat ke tanah suci, ungkap Iqbal.

Informasi terkait pernikahan Dr Iqbal menyampaikan bahwa setiap tahun ada 24 ribu orang yang melaksanakan pernikahan dan terus meningkat, akan tetapi angka perceraian juga meningkat sekitar 6500 kasus di tangani Mahkamah Syar'iyah. Kasus perceraian banyak di ajukan oleh perempuan dengan alasan faktor ekonomi dan ketidaksiapan dalam berumah tangga. 



Kakanwil Kemenag Aceh juga menyampaikan informasi tentang aset harta agama atau tanah wakaf. Saat ini ada 24 ribu persil tanah wakaf yang sudah memiliki sertifikat, namun masih sangat banyak aset tanah wakaf yang belum memiliki legalitas administrasi berupa akta iktar wakaf dan sertifikat. Kita harus menjaga tanah yang telah di wakafkan, kepada para nazhir untuk menjaga amanah dengan membuat sertifikat tanah wakaf sehingga tidak menimbulkan persengketaan di kemudiaan hari, apalagi jika tanah wakaf terletak pada lokasi strategis.

Turut hadir dalam tim sapa umat Kanwil Kemenag Aceh  Plt Kabag tata usaha kanwil Kemenag Drs Marzuki A MA, Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym SAg MH, Kasubbag tata usaha H Khalid Wardana SAg MSi, Kasi Pendidikan Madrasah Suryadi SAg, Kasi Bimas Islam H Akhyar SAg MAg, sub kordinator keuangan Kanwil Kemenag Munawar SE, Kepala KUA dan Kepala Madrasah se Aceh Besar. (Cek Man)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top