LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Untuk penguatan pengawasan pemilu tahun 2024 dan keterbukaan informasi publik, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Aceh Besar menggelar Media Gathering bersama Organisasi Media di Hotel Hijrah, Senin (23/5).

Ketua Bawaslu Aceh Besar, Hafidz Hs SSosI mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk sharing informasi bersama organisasi media dalam rangka menghadapi pemilu 2024 nanti.

"Kita ingin lakukan sharing informasi bersama dalam mengawal pemilu 2024," kata Hafidz

Hadir dalam Media Gathering tersebut Ketua PWI Aceh, PWI Aceh Besar, PFI Aceh, AJI Banda Aceh, AJTI Aceh Besar, Aceh Image, Lamurionline.com dan beberapa organisasi media lainnya.

Ketua Komisi Informasi Aceh (KIA), Arman Fauzi yabg hadir  sebagai pembicara dalam Media Gathering tersebut mengatakan bahwa saat ini masyarakat masih jarang menjadikan website resmi pemerintah sebagai sumber informasi, namun lebih suka mengakses medsos (media sosial) sebagai rujukan informasi.


"Masyarakat lebih banyak mengakses medsos sebagai sumber informasi daripada website pemerintah," kata Arman berdasarkan survey yang dilakukan.

Ia juga mengaku bahwa televisi lebih banyak diakses masyarakat karena lebih lengkap menayangkan informasi.

Arman menyarankan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Besar untuk memperkuat kualitas dan kuantitas informasi publik melalui penggunaan teknologi informasi (website dan media sosial) yang lebih interaktif dan komunikatif

Arman juga meminta Badan Publik Bawaslu terutama di lingkungan Bawaslu Aceh Besar, hendaknya membangun sistem layanan informasi yang dapat memudahkan akses masyarakat dalam penyediaan informasi

Tak hanya itu, Arman menyebutkan, perlu membangun sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam mendorong penyebaran informasi yang dapat mengganggu proses demokrasi, melalui situs resmi badan publik.

Adapun badan publik berhak menolak informasi yang dapat membahayakan negara, berkaitan dengan kepentingan, rahasia jabatan atau terkait hak-hak pribadi

Media Gathering yang dilaksanakan sehari tersebut diharapkan dapat memberikan penguatan dalam pengawasan pemilu 2024 melalui pengelolaan kehumasan, peliputan, dokumentasi dan informasi publik.

Laporan: Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top