Ketua Umum Pordasi Aceh saat menyampaikan laporan hasil kejuaraan kepada KONI Aceh

lamurionline.com -- Banda Aceh : Atlet Berkuda (Joki) binaan KONI Aceh pada program Pemusatan latihan daerah (Pelatda) tahun 2022 berhasil merajai Kejuaraan nasional (Kejurnas) Pacuan Kuda Piala Menteri Pertahanan (Menhan) yang berlangsung beberapa waktu lalu di Gelanggang Pacuan Kuda, Ki Ageng Astro Joyo, Cobanjoyo, Kejayan Pasuruan, Jawa Timur.

Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Aceh, Darmuda, dalam laporannya kepada KONI Aceh, Senin 27 Januari 2022 menyebutkan, Joki Aceh atas nama Azman Munte berhasil meraih posisi pertama pada kelas Derby Indonesia 1600 meter, usai mengalahkan atlet tuan rumah Jawa Timur atas nama Sabizer di posisi kedua dan Armada di posisi ketiga.

Datang ke KONI Aceh, Darmuda turut didampingi sang atlet Azman Munte, dan pelatih Reza Fahlevi. Sementara dari KONI Aceh hadir langsung Sekretaris Umum (Sekum) M. Nasir Syamaun, MPA dan Bendahara Umum (Bendum) Kennedi Husen.

“Alhamdulillah berkat kerjakeras sang atlet bersama kudanya yang dijuluki Panglima Nanggroe, kita berhasil meraih trofi juara pertama Piala Menhan,” kata Darmuda.

Secara terpisah, Sekum Pordasi Aceh, Rahmuddin mengatakan, sebelumnya Azman Munte juga berhasil meraih juara ketiga pada kejuaraan yang berlangsung di Padang, Suamatera Barat, serta juara kedua kejuaraan di Jawa Timur.

Seluruh kejuaraan tersebut merupakan bagian kualifikasi menuju Kejurnas Piala Presiden yang akan berlangsung dari tanggal 16 hingga 27 Juli mendatang. “Seluruh kejuaraan yang kita ikuti ini merupakan kalender tahunan PB Pordasi. Dan Alhamdulillah, atas capaian juara satu Piala Menhan, kita berhak mendapatkan tiket Kejurnas Piala Presiden,” kata Rahmudin menerangkan.

“Aceh akan mengikuti semua even untuk mengukur sejauhmana kemampuan tim kita maupun tim lawan. Ini dilakukan karena nanti di PON Aceh Sumut 2024 PORDASI Aceh menargetkan tiga medali emas,” tambah Rahmuddin.

Sementara itu Sekum KONI Aceh M. Nasir Syamaun MPA menyampaikan apresiasi atas keberhasilan atlet berkuda Pordasi Aceh yang berhasil menjuarai Kejuaraan Piala Menhan, dan mendapatkan tiket untuk berlaga di Kejuarnas Piala Presiden.

“Dengan capaian tersebut kita berharap akan menjadi pemicu untuk lebih bersemangat meraih berprestasi di berbagai kejuaraan ke depan, khususnya pada ajang PON XXI tahun 2024, dimana Aceh akan menjadi tuan rumah bersama Sumatera Utara,” kata M. Nasir.

Terlebih lagi, tambah M. Nasir, pada PON 2024 mendatang, cabang berkuda akan dipertandingkan di Aceh.

Sebagai tuan rumah, KONI Aceh mengandalkan cabang berkuda untuk meraih medali emas sebanyak-banyaknya bagi Kontingen Aceh nantinya.[rls]

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top