lamurionline.com -- Aceh Besar : Dalam upaya mewujudkan kelestarian rumah tangga yang sakinah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, H Salman Arifin SPd MAg Kamis (9/6) melaksanakan launching piloting pusaka sakinah di aula kantor camat Ingin Jaya, Lambaro.

Dalam laporannya Kasi Bimas Islam H Akhyar SAg MAg di dampingi kepala KUA Ingin Jaya Tgk Ikhram MPd menyampaikan bahwa untuk tahap awal kegiatan ini di ikuti 34 pasangan atau 64 orang peserta. Adapun program unggulan dalam Piloting Keluarga Sakinah mencakup, Membangun Harmunisasi Keluarga lewat intent Komunikasi sesama Pasangan, Pengelolaan keuangan Keluarga yang sesuai dengan tuntunan syariat, Mengenali diri Dan Pasangan untuk mewujudkan Keluarga Sakinah, problem soulving, dengan mengundang narasumber dari unsur penghulu dan ulama.

Di samping itu tim KUA akan turun ke meunasah, balai pengajian dan tempat publik lainnya untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya menjaga keutuhan rumah tangga dan masa depan anak anak sebagai upaya mewujudkan generasi yang islami dan berkualitas.

Program ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi angka perceraian dengan mentransformasi kegiatan KUA kepada orientasi kebutuhan masyarakat melalui kegiatan bimbingan, advokasi, mediasi dan konsultasi.




Sedangkan Kakankemenag Aceh Besar H Salman Arifin mengajak pasangan suami- istri untuk menjadi agen keluarga sakinah, sehingga tercipta harmonisasi antar keluarga dan masyarakat.

"Ketika ada yang bertikai, jangan datang ke camat atau KUA, minimal anda jadi agennya dan mampu menyelesaikan permasalahan.

Pusaka sakinah sebutnya, merupakan layanan publik, berupa penguatan pondasi rumah tangga. Semua peserta harus mengambil ilmu saat pembinaan ini, dan diwariskan pada keluarga lain yang tak sempat ikut kegiatan yang sama. Orang yang sukses adalah orang yang mampu membawa keluarganya  kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Kegiatan percontohan pusat layanan keluarga(pusaka sakinah) merupakan inovasi pelayanan yang bertujuan meningkatkan kualitas layanan publik dan kinerja KUA kepada masyarakat dalam upaya mengurangi angka perceraian.

Turut hadir pada acara tersebut Camat Ingin Jaya Al Mubarak Akbar  SSTP MM,  Danramil dan Kapolsek Ingin Jaya, Kasubbag tata  usaha Kankemenag Aceh Besar H Khalid Wardana, para kepala KUA dan penyuluh agama. (Cek Man)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top