Pawai Akbar Perayaan 1 Muharram 1444 H, Minggu (31/07/22) Foto : Cek Man

lamurionline.com -- Kota Jantho Ribuan masyarakat Indrapuri Aceh Besar memenuhi lapangan Indra Alam Indrapuri dalam rangka kegiatan perayaan 1 Muharram 1444 Hijriyah dengan berbagai kegiatan perlombaan dan pawai karnaval. Karnaval tahun baru Islam diikuti 1000 santri yang ada si Kecamatan Indrapuri, minggu (31/7/2022).

Kegiatan di prakarsai oleh Forum Ukhuwwah TKQ-TPQ-TQA se Kecamatan Indrapuri – Kuta Cot Glie dan turut di meriahkan dengan penampilan marching band SMAN 1 Indrapuri

Ketua Panitia, Ahmad Afdhil SE menyebutkan pawai karnaval diikuti oleh 1000 santriwan dan santriwati dari 17 TPA/TPQ yang ada di Kecamatan Indrapuri dan Kuta Cot Glie.

“Kegiatan ini rutin di gelar tiap tahun menyambut tahun baru hijriyah, tetapi dalam dua tahun yang lalu tidak terlaksana karena kondisi pandemi Covid 19,” ungkap Afdhil.

Ke 17 TPA yang menyemarakkan perayaan tahun baru Islam yaitu, TPQ At Taqwa Lampupok, Tgk Chiek Lamjame Mesalee, Baburridha Lam Ilie, Al-Amin Lamleubok, Jabal Nur Aneuk Glee, Tgk Chiek Empee Trieng, Al Kausar, Babul Jannah Lingom, Tgk Chiek Lamreh, Faza Al-Khalil, Al-Muta’alim Seuot Baroh, Babussalam Jruek, Tanjung Karang Lheu-Cureh, Az-Zikra Mureu, Darul Mustafa Mureu Bung U, Nurul Hidayah Mon Alue dan Kemasjidan Ie Alang.

 

Di meriahkan oleh marching band SMAN 1 Indrapuri, Foto : Cek Man


Untuk kegiatan pawai karnaval tim penilai melakukan evaluasi dan penilaian dengan beberapa indikator yaitu pemasangan tema/spanduk, kreatifitas peserta, kekompakan dan kerapian barisan, berbusana muslim dan tertib lalu lintas.

 

Sebelum pawai digelar, Forum Ukhuwwah TPQ telah mengadakan aneka lomba antar santri yaitu lomba azan, tartil, tahfiz, shalat jenazah, puisitasi Al Qur’an, menyusun huruf hijaiyah dan lacak tokoh.

Kegiatan di buka oleh Camat Indrapuri Irda Junaidi SE MM , sedangkan pelepasan pawai karnaval di lakukan Camat Kuta Cot Glie Imam Munandar STP dengan rute dari lapangan Indra Alam – pasar lama melintasi jembatan dan jalan raya – peukan baru – masjid Abu Indrapuri dan kembali ke lapangan Indra Alam.

 




Dalam sambutannya mewakili tokoh masyarakat Anggota DPRK Aceh Besar, Dr Yusran Yunus SPdI MA menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang digelar forum ukhuwwah Indrapuri dan Kuta Cot Glie sebagai upaya bagi generasi muda untuk memperingati tahun baru Islam. DPRK Aceh Besar selaku bagian dari pemerintah sebut Yusran, selalu mendukung setiap kegiatan yang dilakukan untuk kemaslahatan ummat

“Negeri ini harus dipimpin oleh generasi islami. Di tangan adek-adek inilah negeri ini akan mulia jika generasi yang memimpin ke depan merupakan generasi yang punya ilmu agama. Mari kita dukung bersama, bahu membahu untuk kebaikan dan syiar Islam” ujar Yusran, anggota Komisi II DPRK Aceh Besar ini.

Turut hadir Anggota DRPK Hanifullah SPdI dan Firdaus SE, Kasubbag tata usaha Kemenag Aceh Besar, H Khalid Wardana SAg MSi, Kasi Pendidikan Madrasah Suryadi SAg, Kepala KUA Imaman SAg, imum mukim, keuchik dan tokoh tokoh masyarakat. (Cek Man/Abrar)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top