LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Warga Gampong Lampanah Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar mengadakan kenduri blang, Minggu (28/8) di Lapangan bola kaki Gampong tersebut. Hampir ribuan bu kulah yang disumbangkan oleh masyarakat Lampanah pada acara kenduri blang yang dilaksanakan tahun ini. Kegiatan rutinitas tahunan ini dilakukan ketika musim sawah dan padi sedang subur.Warga masyarakat perkampungan Lampanah selalu memiliki kekompakan dalam acara tradisi kenduri blang. 

Koordinator Panitia, Al Muthahhari menyampaikan bahwa kenduri blang kali ini tidak diikuti semua warga karena persiapan dan waktu yang sangat terburu, sehingga ada warga yang belum siap bersatu dalam kegiatan kenduri tahun ini. 

"Acara ini sebut bertujuan hanya untuk ikatan persaudaraan diantara warga Lampanah" sebut Muthahari yang juga Ketua Umum Remaja Masjid Asy Syuhada Lampanah ini.

Sementara itu mewakili Keuchik lima Gampong di Lampanah, Keuchik Lampanah Teungoh, Akhyar Fuadi menyampaikan tentang maksud dan tujuan kenduri blang diadakan setiap tahun tak lain dan tak bukan hanya untuk kebersamaan dan kesatuan warga Lampanah. Banyak warga lampanah yang hadir ke acara tersebut tumpah ruah menyatu di Lapangan bola Lampanah.



Mahya Zakwan SAg sebagai Imuem Mukim Reukih yang baru dilantik dalam kata sambutannya mengharapkan kepada Keuchik kedepan memprogramkan anggaran desa untuk membuat embung  tempat penampungan air yang lebih besar dan mencukupi ke seluruh persawahan Lampanah agar semua warga dapat menanam padi, disamping itu juga punya program untuk memekarkan kemukiman baru di Lampanah.

Taushiyah dan pencerahan tentang makna kenduri blang disampaikan oleh Tgk Mukam Zahri SAg dengan mengajak masyarakat untuk mengharap bantuan apapun hanya pada Allah termasuk rizki padi melimpah Allah yang tentukan, bukan yang lainnya dan bukan karena ada atau tidaknya kenduri blang. 

"Padi tumbuh subur karena usaha yang yakin dan berdoa hanya pada Allah, jangan hubungkan dengan sikap yang dapat merusakkan iman hingga jatuh ke syirik" ujar Mukam Zahri 

Acara ditutup dengan baca samadiyah dan tahlil yang dilanjutkan makan bu kulah bersama.

Pada acara kenduri blang yang diadakan di Lapangan bola Lampanah tahun ini juga hadir pihak penyuluh bidang pertanian dari better life.

Reportase: Mukam Zahri

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top