Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyalurkan bantuan masa panik kepada para korban terdampak kebakaran, Sabtu (22/10/2022)

LAMURIONLINE.COM | KOTA JANTHO – Kala asap tipis masih menggelayut di atas puing empat bangunan yang terbakar di Gampong Meunasah Papeun Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar, dan saat personil Damkar masih ‘menjaga’ lokasi, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, tiba meninjau warganya yang sedang tertimpa musibah tersebut. 

Iswanto datang membawa bantuan masa panik, untuk para korban terdampak kebakaran yang terjadi sekitar pukul 19.00 WIB, bertepatan dengan waktu shalat magrib, Sabtu (22/10) tadi. 

Sejenak tiba, Pj Bupati Aceh Besar itu langsung menyisir lokasi kebakaran, untuk memastikan api benar benar telah padam, dan tidak menyisakan potensi kebakaran ulang. Setelah itu, figur nomor satu di Aceh Besar itu menjumpai ahli musibah yang terdiri atas empat KK sesuai jumlah rumah yang ludes diamuk api. 

Kepada para korban terdampak kebakaran itu, Muhammad Iswanto menyatakan ikut berduka sedalam dalamnya, baik atas nama Pemkab Aceh Besar, maupun atas nama pribadi dan keluarga. Iswanto juga mengingatkan para keluarga terdampak kebakaran itu untuk tetap tabah dan tawaqal menjalani ujian Allah tersebut. 

“Siapapun kita tentu tak menginginkan musibah, akan tetapi semua terjadi karena kehendak Allah, kita manusia hanya menjalani dengan penuh ridha dan tabah. Allah pasti memiliki hikmah atas semua ini, yang sudah pasti kita tak mengetahuinya, karena itu memang rahasia Allah semata,” tutur Iswanto.

Dalam kesempatan itu Muhammad Iswanto menyalurkan bantuan masa panik kepada para korban terdampak kebakaran. Bantuan itu terdiri atas sandang dan pangan, serta fasilitas kedaruratan untuk korban musibah,seperti beras dan lain lain. 

“Terimalah bantuan masa panik ini, sebagai bentuk kehadiran dan kepedulian Pemerintah Aceh Besar terhadap rakyatnya, yang tertimpa musibah. Tolong jangan dilihat dari sisi nilainya, mudah mudahan bantuan masa panik ini bisa menjadi solusi dari kebutuhan saat masa darurat pascakebakaran,” kata Iswanto.

Seperti diketahui sebelumnya, sebanyak empat (4) unit rumah di Gampong Meunasah Papeun Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar ludes dilalap si jago merah, Sabtu (22/10) sekira pukul 19.00 WIB. Tak ada korban jiwa dalam insiden amuk api yang diakui dipicu oleh konslet listrik dari salah satu rumah yang berdempetan itu.

Sementara Kalaksa BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi (RJ) yang dihubungi secara terpisah mengatakan, kebakaran tersebut menimpa empat rumah yang berdempetan, dengan konstruksi kayu. 

“Saat ini anggota kami masih di lapangan,” kata Ridwan Jamil saat dihubungi sekira pukul 20.10 WIB tadi.

Sementara menurut data dari Dinsos Aceh Besar melalui Kadis Sosial, Bahrum Jamil (BJ), kebakaran itu disebut sebut karena konslet listrik dari salah satu rumah.

Keempat rumah itu dihuni Nurdiah 5 anggota keluarga (3 org balita), Kasmida 5 anggota keluarga (1 orang balita), Mutiasari 6  anggota keluarga (1 orang balita) dan Liawati 4 anggota keluarga (2 orang balita).

Api berhasil dipadamkan berkat kerja sama armada pemadam kebakaran dari BPBD Aceh Besar dan Damkar Kota Banda Aceh serta masyarakat setempat. (rizky/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top