lamurionline.com, Banda Aceh -- Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama Banda Aceh Dr Aida Rina Elisiva, B.Acc MM mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Banda Aceh menjadi Inspektur Upacara (Irup) Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke 77 Republik Indonesia di Halaman MAN 3 Banda Aceh, Senin (21/11/2022). 

Aida Rina ketika menyampaikan amanat upacara menceritakan historis terbentuknya HGN yang dimulai pada masa Belanda tahun 1912 dibentuk Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB), kemudian nama PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI), Saat Indonesia dijajah Jepang PGI saat itu Vakum karena pada masa itu tidak boleh ada apapun dalam organisasi. 

“Tepat 100 hari pasca Indonesia diproklamirkan Merdeka, terbentuklah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada Kongres pertama tanggal 24-25 November tahun 1945 di Surakarta, Jawa Tengah” Kisah Bu Rina.

Ia menambahkan PGRI yg merupakan organisasi profesi yang terdiri dari para guru, para dosen dan tenaga kependidikan diharapkan mampu menjadi wadah yang dapat mewujudkan cita - cita proklamasi, meningkatkan pendidikan nasional,  mensejahterakan para guru serta menjaga harkat dan  martabat para guru. 




“Dengan  wadah PGRI menjadi organisasi yang menyatukan para guru dengan latar belakang yang berbeda-beda mulai dari suku bangsa, agama, ras” Pinta Bu Kasubbag. 

Sebelum mengakhiri amanatnya ia berharap dalam momen HUT  ke 77 PGRI, agar seluruh  guru di lingkungan madrasah Kota Banda Aceh  dapat memanfaatkan sebaiknya organisasi profesi tersebut dalam meningkat potensi diri, kinerja serta mewujudkan mencerdaskan anak bangsa.

“Harapan saya momen HUT ke 77 PGRI ini bisa kita manfaatkan dengan sebaiknya organisasi profesi tersebut untuk meningkatkan potensi diri, kinerja serta mewujudkan mencerdaskan anak bangsa” Harapnya.   

Hadir pada kegiatan tersebut Kasubbag TU Kemenag Banda Aceh Dr Aida Rina Elisiva, B.Acc MM, Kepala MAN 3 Banda Aceh Muzakkar Usman, S.Ag,M.Pd, Kepala MTsN 4 Banda Aceh Ina Rezkina, S.Ag, M.Pd, Kepala MIN 11 Banda Aceh Dahrina M, S.Ag, MA, seluruh Dewan Guru dan siswa MAN 3 Banda Aceh.(Heri)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top