Salah seorang wali santri/orang tua sedang mendaftarkan anaknya melalui jalur prestasi di Dayah Darul Quran Aceh Jl. Banda Aceh-Medan KM 19, Gampong Tumbo Baro, Kec. Kuta Malaka, Kab. Aceh Besar, Kamis (22/12/2022).

LAMURIONLINE.COM I ACEH - Dayah Darul Quran Aceh (DQA) kembali membuka Pendaftaran Santri Baru (PSB) jenjang SMP dan SMA Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendaftarannya secara online dan dapat dilakukan dari kediaman masing-masing dengan mengakses www.dqa.sch.id

Ketua Panitia PSB Dayah DQA, Ustaz Zahrul Husni, SPd, Kamis (22/12) mengatakan penerimaan santri baru tersebut melalui dua jalur, yaitu jalur prestasi dan reguler. Untuk jalur prestasi pendaftarannya mulai tanggal 22-27 Desember 2022, sedangkan jalur reguler mulai tanggal 09-18 Januari 2022.

“Bagi yang memilih jalur prestasi, gratis biaya pendaftaran dan juga bebas tes tulis,” kata Ustaz Zahrul Husni.

Ia menjelaskan seleksi jalur prestasi diantaranya seleksi berkas, ujian tahsin Al-Quran dan wawancara calon santri dan orang tua wali. Sedangkan jalur reguler mengikuti ujian tulis berbasis komputer, meliputi matematika, IPA, Pendidikan Agama Islam, bahasa inggris dan bahasa arab (khusus SMA). Selain itu mengikuti ujian tahsin al-quran serta wawancara calon santri dan orang tua.

Adapun persyaratan untuk jalur prestasi diantaranya siswa-siswi kelas akhir SD/MI dan SMP/MTs, berperingkat 5 besar dalam dua tahun terakhir dengan melampirkan surat keterangan dari sekolah.

Selanjutnya memiliki prestasi dibidang Al-Quran atau akademik dan non-akademik dengan seleksi resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah dan lembaga non pemerintah. Prestasi yang dimaksud adalah pernah mendapat juara (I, II, atau III) ditingkat Kabupaten/Kota/Provinsi/Nasional/Internasional yang dibuktikan dengan sertifikat/piagam penghargaan.

“Berkas pendaftaran tersebut di fotocopy dan dimasukkan dalam map. Selanjutnya dikirim/diantar langsung ke Dayah Darul Quran Aceh Jl. Banda Aceh-Medan KM 19, Gampong Tumbo Baro, Kec. Kuta Malaka, Kab. Aceh Besar mulai tanggal 22-27 Desember 2022,” kata Ustaz Zahrul Husni.

Ustaz Zahrul Husni menambahkan yang menempuh jalur reguler persyaratannya yaitu siswa-siswi kelas VI SD/MI (untuk SMP) dan kelas IX SMP/MTsN (untuk SMA). Mengisi formulir secara online di https://dqa.sch.id/ dan membayar biaya pendaftaran. 

Selain itu mengikuti rangkaian kegiatan seleksi yaitu ujian tulis berbasis komputer yang meliputi matematika, PAI, bahasa inggris, IPA dan bahasa arab. Selanjutnya ujian tahsin Al-Quran serta wawancara calon santri dan orang tua.

Pada saat wawancara juga membawakan foto copy sertifikat prestasi dan surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas.

“Untuk informasi pendaftaran dan pelaksanaan tes dapat langsung menghubungi panitia PSB yaitu Ustaz Zahrul Husni, SPd Hp.081362631656 dan Ustaz Budi Muyasir, SH Hp.082368771690, pada jam kerja mulai pukul  08.00 WIB – 17.00 WIB.

Sementara itu Direktur Dayah DQA Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz, MA mengatakan lembaga pendidikan yang dipimpinnya itu dalam proses belajar mengajar menerapkan kurikulum terpadu antara kurikulum Pasantren Moderen, Dayah Salafiyah dan Kurikulum Dinas Pendidikan Nasional.

Adapun program unggulannya yaitu hafal Al Quran 30 juz, berakhlak mulia, berwawasan luas, mampu berbahasa arab dan bahasa inggris serta punya daya saing akademik.

“Dayah DQA merupakan lembaga pendidikan islam yang profesional dan berkualitas yang mampu melahirkan penghafal Al-Quran yang memiliki akhlak, karakter dan mampu berkompetensi di bidang akademik,” pungkas Ustaz Hajarul Akbar. (murdani/zahrul/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top