lamurionline.com -- Aceh Besar -- Dalam rangka Hari Amat Bakti (HAB) ke 77 Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh melakukan bakti sosial di Masjid Lamteungoh, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. “Pembersihan masjid diprakarsai 37 penyuluh se Kemenag Aceh Besar, baik yang ASN maupun non ASN,” Kata Kasi Bimas Islam  Kemenag Aceh Besar, H Akhyar.  

Ketua kelompok Penyuluh (Pokjaluh) Kemenag Aceh Besar H Asnawi menjelaskan, dipilihnya Masjid Lamteungoh sebagai lokasi bakti sosial karena masjid ini sangat strategis di pinggir jalan masuk Banda Aceh. Pada waktu shalat fardhu banyak masyarakat yang singgah untuk ke toilet dan melaksanakan shalat di masjid ini. 

“Agar masyarakat nyaman berada di masjid, maka dalam rangka HAB kami memilih masjid tersebut. Kita tidak ingin ada orang luar yang datang, namun kondisi masjid tidak bersih atau kotor. Masjid rumah Allah, oleh sebab itu harus bersih dan nyaman,”  ujar Asnawi, yang bertugas sebagai penyuluh di Kecamatan Lhoknga ini. 


Akhyar menjelaskan, panitia pelaksana HAB ke 77 melakukan berbagai kegiatan untuk memeriahkan hari yang bersejarah bagi Indonesia.  Berbagai kegiatan dilakukan yang menyentuh kebutuhan masyarakat,  bermanfaat, dan tidak berbiaya besar.  “Besok Jumat 23 Desember 2022 kegiatan HAB dalam bentuk khutbah Jumat di Pulo Nasi, Aceh Besar.  Ada tujuh masjid yang akan dikunjungi oleh khatib yang sengaja didatangkan dari Banda Aceh,” katanya. 

Selain  khutbah Jumat, tambah Akhyar,  juga dilaksanakan pelatihan tajyiz mayat bagi remaja masjid dan masyarakat, kemudian malam harinya diadakan pertemuan lintas sektoral, termasuk remaja dan penyuluh.  Dilanjutkan dengan safari shubuh Sabtu di gampong-gampong di Pulo Nasi. 

“Panitia juga mencetak teks khutbah Jumat yang dibagikan kepada seluruh masjid di wilayah Aceh Besar,” pungkasnya. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top