lamurionline.com -- Banda Aceh - Pengurus MGMP PAI SMP Provinsi Aceh hari Senin 19 Desember 2022 melaksanakan kegiatan Launching Jurnal Ilmiah “Seuramoe PAI” yang diterbitkan oleh MGMP PAI SMP Provinsi Aceh. Kegiaatan dilaksanakan secara daring dan luring di Aula Kantor Kementerian Agama Provinsi Aceh di Banda Aceh.

Launching Jurnal langsung dilakukan oleh Direktur PAI Kemeneterian Agama Repoblik Indonesia, Drs. H. Amrullah, M.Si yang  hadir dalam acara tersebut. Turut hadir juga Bapak Hery Zakaria dari Sub Direktorat PAI Kementerian Agama RI Jakarta.

Kegiatan Launching Jurnal Ilmiah “Seuramoe PAI” yang juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Aceh beserta jajarannya, juga dihadiri oleh pejabat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Kemenag Kota Banda Aceh serta para ketua dan pengurus organisasi guru seperti PGRI, AGPAI, dan MGMP KKG PAI jenjang SD SMP dan SMA/SMK.

Dalam arahannya, Direktur PAI berpesan agar jurnal ini benar-benar menjadi wadah bagi guru PAI mengembangkan minat berinovasi melalui karya ilmiah dan bisa dimanfaatkan untuk kenaikan pangkat. 

Selanjutnya Kepala Kanwil Kemenag Prov. Aceh dalam sambutannya juga berpesan agar Jurnal ini tidak hanya hangat saat launching, tapi juga harus tetap hidup dan aktif sampai kapanpun agar bermanfaat bagi guru PAI tidak hanya di Aceh, juga Indonesia karena juga menerima kiriman artikel dari guru PAI SMP se Indonesia.



Launching yang juga dirangakai dengan kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru PAI jenjang SMP dihadiri oleh sekitar 40 orang guru dari Banda Aceh dan Aceh Besar secara luring, juga guru-guru dari berbagai kabuapten/kota di Aceh secara daring. Pelatihan ini menghadirkan pemateri dari local juga nasional dengan hasil yang diharapkan adalah lahirnya artikel ilmiah dari para peserta untuk dapat dikirim ke Juranal Ilmiah “Seuramoe PAI”.

Jurnal Ilmiah “Seuramoe PAI” yang diterbitkan oleh MGMP PAI SMP provinsi Aceh lahir berkat adanya bantuan biaya pemberdayaan MGMP dari Kementerin Agama RI melalui Subdit SMP tahun 2022. Jurnal ini sudah memiliki p-ISSN dan OJS dan dalam proses pengajuan e-ISSN ke LIPI Jakarta.

Jurnal “Seuramoe PAI” yang baru di launching untuk edisi perdana volume 1 nomor 1 Desember 2022 ini dikelola oleh pengurus MGMP PAI SMP Provinsi Aceh dan untuk periode ini Fakhruddin, S,Ag., MA sebagai Editor in Chief. 

Jurnal “Seuramoe PAI” sesuai pemilihan Namanya “Seuramoe” dalam Bahasa indenesia dapat diartikan sebagai serambi, selasar, atau ruang yang agak besar yang menghubungi dan tersambung dengan rumah induknya. 

Diharapkan jurnal ini akan menjadi wadah dan ruangan besar bagi guru PAI dalam mengembangkan keprofesian mereka melalui karya-karya inovasi dan penelitian Tindakan yang dibuat dalam bentuk laporan artikel ilmiah.

Launching dan pembukaan pelatihan yang berlangsung secara khidmat yang juga diliput oleh awak media TVRI Aceh dan media online mengusung tema “Mengasah Kompetensi Melalui Dakwah Literasi Menuju Guru PAI yang Rahmatan Lil Alamin” ditutup dengan kegiatan foto bersama dan penyerahan secara simbolis kepada Direktur dan pejabat yang hadir. Semoga Jurnal “Seuramoe PAI” tetap eksis dan berkembang sesuai harapan. (Cek Man/Fakhruddin)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top