lamurionline.com -- AR-RANIRY -- Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh kembali meluluskan sebanyak 425 guru profesional pada Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Batch 2 tahun 2022. Pengukuhan lulusan PPG tersebut dilakukan Rektor Prof Dr Mujiburrahman, MAg di Auditorium Prof Ali Hasjmy, Selasa (20/12/2022).

Rektor Prof Mujiburrahman dalam sambutannya menegaskan, bahwa profesi guru merupakan salah satu amanah Negara yang diberikan kepada para guru untuk mendidik generasi masa depan bangsa, oleh sebab itu amanah tersebut hendaknya dapat menjadi tanggung jawab bersama ditempat pengabdian masing-masing dalam mewujudkan pendidikan bermutu.

Prof Mujib mengungkapkan, saat ini ada fenomena baru terhadap pertumbuhan anak-anak, di mana tumbuh kembangnya tidak paralel antara pertumbuhan fisik dengan mental. Dari beberapa penelitian disebutkan bahwa, beberapa anak yang fisiknya sudah dewasa, sedangkan mental dan pengetahuannya belum dewasa.




“Dari berbagai faktor, saat ini banyak terjadi pertumbuhan anak-anak tidak paralel, di mana pertumbuhan fisik sudah dewasa, namun mentalnya belum. Bagi muslim ini sangat mengkhawatirkan. Fenomena sekarang, sebagian anak sudah akil balig pada umur tujuh tahun, sedangkan mental dan pemahamannya belum dewasa, bagaimana dia bersuci dan menjalankan kewajiban sebagai muslim dengan sempurna,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Mujiburrahman berpesan kepada para guru, baik yang mengabdi pada sekolah dasar maupun menengah pertama, untuk memastikan mereka para peserta didik paham tentang ilmu akil balig, mengerti kapan mereka wajib mendirikan shalat dan sebagainya, dengan mendalami ilmu agama yang baik dan benar.

“Didiklah mereka ilmu akil balig dengan baik dan benar. Generasi kita nantinya akan lebih baik,” imbuh Mujiburrahman.

Rektor mengharapkan, semoga jiwa pengabdian para lulusan guru professional PPG UIN Ar-Raniry ini tumbuh dengan baik dan menjadi amal ibadah para pahlawan pendidikan ini.

Dekan FTK UIN Ar-Raniry, Prof Safrul Muluk, PhD dalam laporannya menyebutkan bahwa lulusan yang dikukuhkan pada PPG Daljab Batch 2 tahun 2022 ini sebanyak 425 orang, dari total peserta 584 orang.

“Jumlah peserta UKMPPG periode November 2022 sebanyak 584 orang, yang dinyatakan lulus sebanyak 425 orang, artinya ada 159 orang yang dinyatakan tidak lulus. Dari 425 tersebut terdiri dari 291 peserta PPG guru Pendidikan Agama Islam dan 134 peserta dari PPG guru Madrasah,” kata Dekan FTK.



Safrul Muluk menjelaskan, pelaksanaan PPG ini terlaksana atas kerja sama LPTK UIN Ar-Raniry dengan 15 kabupaten kota serta kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Peserta terdiri dari beberapa kabupaten kota di Aceh dan luar provinsi Aceh.

Sedangkan ketua Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dr Saifullah Maysa SAg MA, membacakan SK kelulusan mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) pada PPG Daljab Batch 2 tahun 2022.

Pada kesempatan itu, Direktur Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI, Drs Amrullah, MSi melauncing Jurnal PPG UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan menyampaikan orasi ilmiah tentang beberapa hal terkait dengan Guru Profesional dan Produktif.

Amrullah mengingatkan kepada para guru lulusan PPG ini harus memiliki perubahan-perubahan untuk kebaikan dalam pengembangan dan meningkatkan mutu pendidikan bagi generasi bangsa, selanjutnya juga harus memiliki metodologi yang bagus dan yang baik sesuai dengan perkembangan zaman.

Disis lain, pendidik juga harus memiliki sifat proyektif, memiliki kemauan mengikuti kemajuan teknologi. Kemudian harus proaktif, perlu merespons lebih cepat dengan perkembangan kurikulum, serta melakukan penguatan tentang potensi diri, seperti menulis pada Jurnal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI, Drs Amrullah, MSi, Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Mujiburrahman MAg, Kabid. PAI Kanwil Kemenag Aceh H Khairul Azhar MSi, Dekan FTK UIN Ar-Raniry Prof Safrul Muluk, S.Ag, M.Ed, Ph.D, Wakil Dekan I FTK Prof Habiburrahim, S.Ag., M.Com., Ph.D, wakil Dekan II Samsul Kamal, M.Pd., wakil Dekan III FTK Dr. Mumtazul Fikri, MA, seluruh ketua dan sekretaris prodi dalam lingkungan FTK UIN Ar-Raniry, serta seluruh kasi PAI kementerian Agama kabupaten/kota dan kepala dinas Pendidikan kabupaten/kota di provinsi Aceh. (MRA)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top