lamurionline.com -- Aceh Besar - Dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke RI ke 77, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar mengirimkan tim khatib dan imam pada pelaksanaan ibadah jumat di 6 Masjid yang ada di Pulo Nasi Kecamatan Pulo Aceh, jumat (23/12).

Adapun tim safari jumat terdiri dari : Masjid Baitul Falah Pasi Janeng Khatib H Salman SPd MAg Imam H Asnawi Lc, Masjid Al Ikhlas mukim Alue Riyeung Khatib H Akhyar SAg MAg Imam Tgk Mustamir SAg, Masjid Al Furqan sergun Alue Riyeung Khatib Drs Tgk Suriadinata Imam Drs Tgk Muchlis, Masjid Nurul Huda Deudap Khatib DR Tgk Tarmizi M Daud MAg Imam Tgk Mahdi SAg MPd, Masjid Nurul Islam Lamteng Khatib Tgk Mukam Zahri SAg Imam Tgk Ahmad Sumandy, Masjid Babuttaqwa Rabo Khatib Tgk Darmizi SAg Imam H Khalid Wardana SAg MSi.

Di samping itu Kemenag Aceh Besar mengirim tim safari subuh dari unsur penyuluh agama dan penghulu pada subuh sabtu (24/12) ke berbagai masjid dan meunasah yang ada di Pulo Nasi.

Sebelumnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar H Salman Arifin SPd MAg, kamis (22/12) di Masjid Jamik Babussalam Lamteungoh Kecamatan Ingin Jaya mencanangkan aksi pembersihan masjid dan melepas peserta aksi bakti sosial ke Pulo Aceh.

Kegiatan gotong royong dan pembersihan Masjid Lamteungoh di ikuti oleh ratusan ASN Kemenag yang di kordinir oleh penyuluh agama dan menjadi kegiatan pembuka aksi bakti sosial dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 77.

Dalam arahannya H Salman menyampaikan bahwa aksi bersih masjid merupakan perbuatan sangat mulia dan harus di budayakan dalam masyarakat dan aparatur pemerintahan. Kegiatan pembersihan masjid tidak hanya berdimensi ibadah, tetapi sebagai perwujudan keshalehan sosial untuk menjaga dan memakmurkan rumah Allah.

H Salman mengajak seluruh ASN Kemenag agar menjadi garda terdepan dalam memakmurkan dan menjaga kebersihan rumah ibadah, apalagi dengan potensi penyuluh agama yang ada di setiap kecamatan harus mampu mengajak masyarakat untuk menghidupkan syiar keagamaan, budaya hidup bersih dan menjaga lingkungan.

Menurut Kasubbag tata usaha Kemenag Aceh Besar H Khalid Wardana SAg MSi di dampingi ketua panitia HAB ke 77 H Akhyar SAg MAg, Kemenag Aceh Besar menggelar berbagai aksi bakti sosial untuk menyemarakkan hari ulang tahun Kementerian Agama yang di peringati setiap tanggal 3 Januari. Untuk tahun ini lebih meriah dan kegiatannya bersentuhan langsung dengan masyarakat. Di mulai dengan aksi pembersihan masjid dan akan berlanjut di sejumlah masjid lainnya di Aceh Besar.

Untuk aksi sosial di Pulo Aceh akan berlangsung mulai jumat dan sabtu (23-24 desember 2022) di pusatkan di Pulo Nasi dengan mengirimkan puluhan ASN Kemenag untuk melaksanakan safari khutbah jumat, safari shubuh, santunan anak yatim, fakir miskin dan lansia, pelatihan tajhiz mayat dan program saweu madrasah kawasan terluar.

Sedangkan kegiatan lainnya di gelar donor darah, penggalangan donasi bencana alam, apresiasi untuk siswa dan ASN berprestasi, sehingga kegiatan HAB tahun ini menjadi yang terbesar yang pernah di laksanakan terutama dengan aksi sosial di Pulau terluar dan terpencil, ungkap H Khalid Wardana. (Cek Man)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top