lamurionline.com -- Banda Aceh – Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (Prodi PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi  UIN Ar-Raniry melakukan sosialisasi pengenalan minat santri di Aula Pengajaran MAS Pesantren Modern Oemar Diyan, Indrapuri, Aceh Besar, (17/2/2023). 

Ketua Prodi PMI Dr Hj Rasyidah MAg  menjelaskan, sosialisasi yang dihadiri 70 santri itu bertujuan memperkenalkan Prodi PMI dan meningkatkan minat santri untuk kuliah di Prodi PMI. “Kita berupaya mempertemukan karakter dan intelektualitas santri yang berminat kuliah di Prodi PMI,” ujarnya. 

Dia menambahkan, kegiatan sosialisasi ini dibagi dalam lima sesi diskusi, yakni curriculum and our goals, how you enroll to PMI, our student and their achievement, scholarship opportunities, and future opportunities. 

“Masyarakat membutuhkan pengembangan masyarakat dalam kehidupannya. Banyak persoalan masyarakat yang belum terselesaikan, karena tidak pahamnya masyarakat terhadap program pemberdayaan, sehingga dilakukan tidak berbasis kebutuhan dan penyelesaian masalah,” kata Rasyidah.  


Sementara itu dosen Prodi PMI, Dr T Lembong Misbah MA mengatakan, Prodi PMI siap menempa santri yang berminat menjadi tenaga pengembang masyarakat yang profesional.  “Sekarang dunia internasional membutuhkan karier di bidang pengembang masyarakat dan hal ini  menantang kesiapan santri,” tegasnya.  

Menurut dia, peluang berkiprah di bidang pengembang masyarakat, sering sekali disalahpahami publik sebagai ruang sosial pengabdian semata, padahal pengembang masyarakat adalah ruang profesional. 

“Terkait beasiswa, terdapat berbagai peluang yang terbuka akses bagi mahasiswa. Sementara soal mekanisme pendaftaran mahasiswa baru pada prodi PMI dapat dilakukan melalui tiga jalur, pertama melalui seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP), kedua ujian tulis berbasis komputer (UTBK), dan ketiga seleksi mandiri PTN,” pungkasnya. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top