Wakil Ketua DPRK Aceh Besar, Gunawan, SE, MM,

lamurionline.com -- Kota Jantho – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar, Gunawan, SE, MM, memberikan apresiasi kepada seluruh perangkat Gampong (Desa-red) Nusa, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar yang berhasil meraih ASEAN Tourism Forum 2023 pada kategori ASEAN Homestay Awards 2023-2025 yang diselenggarakan di Kraton Ballroom Yogyakarta Marriot Hotel, Minggu (5/2/2023) lalu.

Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan sebuah komitmen masyarakat Gampong Nusa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dibidang pariwisata.

“Ini merupakan hal luar biasa yang harus ditiru oleh masyarakat gampong lainnya di Aceh Besar dalam meningkatkan ekonomi, karena pariwisata merupakan sektor efektif dalam meningkatkatkan ekonomi masyarakat, namun butuh kesadaran yang besar dari masyarakat itu sendiri,” kata Gunawan kepada posaceh.com, Selasa (14/2/2023).

Wakil Ketua DPRK Aceh Besar dari Fraksi Partai Aceh (PA) Gunawan SE MM mengatakan, memang tantang terbesar saat ini ialah kesadaran masyarakat yang belum sepenuhnya utuh terhadap sektor wisata, ia menyayangkan kondisi masyarakat yang hanya memanfaatkan sektor ini sebagai usaha sementara, padahal pariwisata merupakan satu usaha yang berkelanjutan.

“Umumnya, orang datang ke lokasi wisata merupakan orang yang ingin berlibur dan berbelanja, jadi, pelaku wisata ini harus dapat memanjakan wisatawan, agar mereka mau kembali lagi ke lokasi tersebut, bukan justeru dimanfaatkan dengan menaikkan harga makanan atau tiket dan lain sebagainya, contohlah Gampong Nusa, dimana para wisatawan yang datang dimanjakan dengan home stay yang nyaman, serta disajikan pemandangan yang indah juga disambut dengan ramah, jadi wisatawan itu betah dan akan kembali lagi,” ujar Gunawan.

Anggota DPRK Aceh Besar Dapil 2 meliputi Kecamatan Lhoknga, Leupung, Lhoong, Peukan Bada, dan Kecamatan Pulo Aceh mengharapkan, masyarakat Aceh Besar khususnya dapat menerapkan budaya pemulia jamee (memuliakan tamu-red), agar wisatawan yang datang merasa nyaman dan akan kembali lagi dengan harapan akan membawa teman atau keluarganya, sehingga setiap tahun jumlah wisatawan yang datang akan terus bertambah.

“Coba bayangkan, jika wisatawan itu datang ke Aceh Besar dan mereka merasa nyaman, karena kita punya alam yang luar biasa, Aceh Besar memiliki garis pantai yang panjang dan dikelilingi bukit yang indah, Aceh Besar memiliki tempat melihat sun set, area persawahan yang luas, semua itu dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata tentu saja wisatawan akan senang berada di Aceh Besar,” ujarnya.

Oleh karena itu, Gunawan meminta, Pemkab Aceh Besar, para camat dan Keuchik Gampong serta para pelaku wisata dapat memberikan edukasi kesadaran wisata terhadap masyarakat, karena wisata, merupakan peluang besar yang harus dimanfaatkan sebagai langkah peningkatan ekonomi masyarakat.

“Tentu saja, semua harus seiya sekata, harus berjalan beriringan dan saling membantu, masyarakat sebagai pengelola wisata yang baik, pemerintah sebagai mitra yang akan membangun fasilitas yang memadai, begitu juga DPRK Aceh Besar, semua kita akan bersinergi menggeliatkan industri wisata yang konon katanya wisata alam Aceh Besar itu Amazing, dan kami dewan tentu mendukung semua program dalam peningkatan sektor wisata ini,” pungkas Gunawan SE MM, Wakil Ketua DPRK Aceh Besar. (Cek Man/WD)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top