Sebanyak 222 santri Dayah Darul Quran Aceh (DQA) mengikuti program Mukhayyam Al Quran mulai tanggal 26 Maret sd 9 April 2022 yang bertepatan dengan 4 sd 15 Ramadhan 1444 H di komplek dayah tersebut jalan Banda Aceh-Medan, KM 19,5 Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar.

LAMURIONLINE.COM | ACEH - Sebanyak 222 santri Dayah Darul Quran Aceh (DQA) yang terdiri dari 157 putra dan 65 putri mengikuti program Mukhayyam Al Quran selama Ramadhan di komplek dayah tersebut jalan Banda Aceh-Medan, KM 19,5 Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar.

Kegiatan dengan tema “berkhidmat bersama Al Quran di bulan yang penuh rahmat” ini berlangsung mulai tanggal 26 Maret sd 9 April 2022 yang bertepatan dengan 4 sd 15 Ramadhan 1444 H dan dibuka resmi oleh Direktur Darul Quran Aceh, yang diwakili Kepala SMA Swasta Darul Quran Aceh, Ustaz Fauzal Azifa, M.Pd.

Ketua Panitia Pelaksana, Ustaz Budi Muyasir, SH, Selasa (28/3) mengatakan Mukhayyam Al Quran pada Ramadhan 1444 H ini merupakan kali ke enam yang dilaksanakan sejak dayah tersebut berdiri pada tahun 2017.

“Setiap tahunnya para santri baik putra maupun putri mengikuti kegiatan ini dengan cara registrasi kepada panitia pelaksana yang telah ditetapkan. Alhamdulillah pada Ramadhan tahun ini diikuti oleh banyak peserta dengan jumlah 222 santri,” kata Ustaz Budi Muyasir.

Ia menambahkan untuk kesuksesan kegiatan tersebut, panitia telah melakukan persiapan jauh-jauh hari yaitu sejak Februari 2023. Diantaranya dengan menyurati langsung wali santri, dikarenakan pendaftarannya hanya seminggu saja.

“Walaupun program ini tidak wajib hukumnya, dimana para santri boleh ikut serta atau tidak, akan tetapi antusias mareka sangat luar biasa untuk mengikuti program tersebut. Sehingga yang mendaftar pun mencapai ratusan santri dan panitia menyiapkan segala kebutuhan mareka selama kegiatan tersebut,” kata Ustaz Budi Muyasir.

Adapun kegiatannya meliputi shalat taraweh, sahur bersama, tahajud berjamaah, memperbanyak shalat sunnat dan halaqah tahfizd Al Quran. Selain itu juga ngabuburit dan buka puasa bersama.

Sementara itu Kepala SMA Swasta Darul Quran Aceh, Ustaz Fauzal Azifa, M.Pd dalam sambutannya meminta kepada seluruh peserta agar memperbaiki niat dengan tulus dalam mengikuti program tersebut. Selain itu ia juga berharap peserta dapat dengan serius dan percaya diri dalam mengikuti setiap kegiatan yang telah disusun oleh panitia.

“Semoga kedepan kita akan mendapatkan syafaatnya Rasulullah. Terlebih lagi kegiatan ini dilaksanakan khusus pada bulan Ramadhan dan sungguh sangat beruntung bagi kita semua yang mengikuti program ini karena selalu berada dalam rutinitas yang positif,” pungkasnya. 

Reportase: Murdani Tijue

SHARE :
 
Top