LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR - Asisten II Aceh Besar, M. Ali memanen ikan lele di kolam budidaya peternakan ikan yang dikelola Kelompok Budidaya ikan Gampong Garot, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Jumat (17/3)

Menurutnya, Panen Lele Perdana yang dilakukan merupakan rangkaian Apresiasi kepada Pemerintah Gampong Garot yang berhasil mengelola kegiatan Ketahanan Pangan Gampong dengan baik dan tepat sasaran. 

“Program Ketahanan Pangan yang dikelola dengan baik dan hasil ini dirasakan manfaat oleh masyarakat dan ini untuk memajukan ekonomi Gampong," kata M. Ali.

Diungkapkan M. Ali, Gampong Garot telah melaksanakan program ini yang dikelola oleh kelompok dengan usaha budidaya ikan lele ini sangat tepat. 

"Sehingga sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan Gizi dan Protein Keluarga dimasa Pasca Pandemi Covid 19 ini dan kedepannya apabila dilanjutkan akan mampu meningkatkan ekonominya, apalagi kalau kita lihat tingkat inflasi barang kebutuhan pokok yang sangat labil harganya, maka diharapkan masyarakat bisa mengembangkan usaha seperti ikan ini, dan kedepan harus menjadi komoditas masyarakat, apalagi kita Pemerintah Kabupaten sedang melaksanakan kegiatan Penurunan angka Stunting, agar kedepan tidak ada lagi anak-anak Stunting didaerah kita, juga harapan dan tujuan Nasional ” ungkapnya

Dilokasi Panen Perdana ikan Lele ini, Keuchik Garot, Teddy menyampaikan terimakasih yang setinggi tingginya kepada Asisten II, M. Ali yang telah menyempatkan waktu untuk hadir diKegiatan Panen Perdana  Budidaya Ikan Lele di Gampong Garot Darul Imarah

"Ini sangat memotivasi kami dan warga, sehingga kedepan bisa lebih bagus lagi. Telah kita upayakan dari Lahan tidur ini menjadi produktif, ini merupakan potensi Gampong Garot yang telah kami gali dan buktikan bahwa kami mampu memanfaatkan semua lahan dan potensi lainnya" ujar Teddy

"Kita harapkan kedepannya seluruh Aparatur Gampong dan masyarakat Gampong Garot mendukung kegiatan pemberdayaan ekonomi seperti ini, maka harus kita cari cara bagaimana kedepan bisa lebih gigih lagi memberi dorongan dan prioritas kegiatan Budidaya Ikan Lele dengan harapan bantuan  bimbingan Pemerintah Aceh Besar dan Dinas terkait. Kami punya target dan tujuan bahwa kedepan Kolam Ikan akan kami jadikan percontohan dan Destinasi Kuliner Gampong. Pada Panen Perdana ini sasaran pembagian ikan Lele ini akan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu, ini menjadi prioritas kita, sesuai harapan program ketahanan pangan itu  sendiri," lanjutnya.


"Kita kedepan sudah pikirkan bagaimana pengelolaan aset kolam, apakah kita minta pengelolaannya pada BUMG, ini tentunya akan atur dengan Peraturan Pengelolaan aset Gampong, itu nanti setelah program ini selesai" terang Keuchik Teddy.

Sementara Camat Darul Imarah Drs. Syarifuddin menyampaikan bahwa kegiatan ini perlu di contoh oleh Gampong lainnya, agar memanfaatkan lahan dan potensi yang ada, jangan hanya sekali manfaat, harus berkesinambungan.

Turut Hadir, Asisten II Setdakab, M. Ali, Camat dan Sekcam Darul Imarah, Kapolsek, Danramil, TAPM Kabupaten Aceh Besar, Emirza, SE, Pendamping Desa Kecamatan Darul Imarah, Mukim Daroy Jeumpet, Unsur Tuha Peut Gampong, Keuchik Garot bersama Staf dan Tokoh-tokoh masyarakat Gampong Garot.(*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top