LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Penutupan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) ke-31 Tingkat Kemejidan At Taqwa Lampupok tahun 2023 berlangsung meriah. Kafilah Gampong Lambeutong meraih Juara Umum dan berhasil mempertahankan gelar tersebut dan 3 kali berturut-turut telah membawa pulang piala bergilir. Hal ini diperoleh usai Koordinator Dewan Hakim, Akram Syarbini membacakan SK Keputusan di hadapan para hadirin yang hadir. 

MTQ yang diselenggarakan sejak tanggal 28 Maret sampai dengan 5 Aprik 2023 ini diikuti 120 peserta dari gampong sekitar kemesjidan At Taqwa Lampupok. Acara penutupan berhasil menyedot perhatian masyarakat setempat dengan penampilan rapai geleng dan dihadiri unsur tokoh kecamatan, kabupaten dan provinsi. Panitia juga menyediakan doorprize bagi masyarakat yang bisa menjawab dua pertanyaan di malam penutupan itu. 

"Pelaksanaan MTQ ini diharapkan mampu menjadi wahana dalam memacu pengembangan tilawah, hapalan serta pendalaman isi Al-qur`an dalam kehidupan sehari hari dan menjadi kebutugan bagi setiap muslim," ujar Ketua BKPRMI Aceh, Dr Mulia Rahman saat menutup acara MTQ di Komplek Masjid setempat, Rabu (5/4) malam.

Mulia Rahman berharap  MTQ akan memberi pengaruh positif dan dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan syiar Al-qur`an bagi umat Islam dan masyarakat. 

"BKPRMI Aceh mengucapkan selamat kepada qori-qori`ah, hafizh-hafizhah, yang meraih peringkat juara dalam Musabaqah ini, dapat mengukir prestasi gemilang di event kecamatan maupun kabupaten dan mengharumkan nama kemesjidan At Taqwa Lampupok," ujar Mulia Rahman.

Ketua BKPRMI Aceh pada kesempatan itu turut memberikan apresiasi atas pelaksanaan MTQ yang terus berlanjut dan eksis sampai saat ini. 

“Terimakasih kepada orang tua atas motivasi bagi anak, tidak hanya bagi anak yang juara tapi juga bagi anak yang tidak memegang piala, karena semua anak yang sudah naik ke atas pentas adalah juara” lanjutnya.

Mulia Rahman berharap pengurus remaja masjid At Taqwa Lampupok agar terus bisa bersinergi dan bekerjasama dengan BKPRMI. Selain itu Mulia Rahman juga  menyinggung tentang peran pemerintah agar lebih peduli kepada pembinaan para kader, imam masjid dan hafiz Al quran. Dirinya juga meminta anak yang juara agar terus diasah dan dibina secara kontinyu.

Sementara tokoh kemesjidan At Taqwa Lampupok, H Khaled Wardana SAg saat sambutan mengulas kilas balik dan pengalaman selama menjadi remaja masjid. Remaja Masjid At Taqwa Lampupok, sebut Khaled termasuk motor penggerak pelaksanaan MTQ di Kabupaten Aceh Besar yang eksis hingga saat ini.





“Ini menjadi torehan sejarah dan banyak para kader yang telah sukses, namun pengkaderan terus berlanjut. Kolaborasi masyarakat dan pemerintah serta wakil rakyat adalah dukungan terbesar dalam setiap suksesnya kegiatan” ujar Khaled Wardana yang kini menjabat Kasubbag Tata Usaha Kakankemenag Aceh Besar. 

Sementara Ketua Remaja Masjid, Adil Azrial Akhbar menyampaikan terima kasih atas dukungan dan partisipasi masyarakat sepanjang kegiatan berlangsung. Adil menyebut, MTQ sebagai ajang silaturrahmi, melatih mental anak di atas pentas, dengan tujuan generasi gemilang di masa depan sekaligus menjadi kader remaja masjid selanjutnya. Adil menambahkan, nantinya para juara akan diseleksi ulang untuk mengikuti MTQ tingkat kecamatan yang akan digelar usai hari raya nanti. Selain kegiatan MTQ, Remaja Masjid At Taqwa Lampupok sebut Adil, juga akan menggelar takbir keliling di malam hari raya Idul Fitri sebagaimana tahun sebelumnya. 

Ketua Remaja Masjid berharap tahun depan, acara ini bisa tetap terselenggara dengan baik, seperti halnya MTQ ke-31 tahun ini. MTQ Tahun ini telah menunjukkan penampilan terbaik dan Dewan Hakim juga telah melakukan penilaian secara objektif, adil dan professional.

Hadir Anggota DPRK Firdaus SE MM, Imum Mukim Reukih sekaligus Ketua APDESI Indrapuri, Mahya Zakwan SAg, Anggota Komisi III DPRA, Muchlis Zulkifli ST (Ngoh Muklis), Ketua DPW PA Aceh Besar, Hasballah SAg, Ketua Komisi IV DPRA, Saifuddin Yahya (Pak Cek), Mulyadi Cek Mul, Muspika Plus, Keuchik, Ippemindra, para pengurus RM se Kecamatan, Imam Masjid, Imam Meunasah dan sejumlah tokoh lainnya. 

Reportase: Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top