LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Kasi Pemberdayaan Masyaraakat dan Gampong (PMG) Kecamatan Indrapuri, Hendra Saputra SE, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan evaluai pembangunan desa bersama Tenaga Pendamping Profesional (TPP), Senin (8/5) di Kantor Camat Indrapuri, Aceh Besar. 

Rakor perdana Kasi PMG yang baru ini diadakan bertujuan untuk memastikan kebijakan, target rencana program, dan kegiatan skala prioritas telah diamanahkan program dalam rangka mewujudkan sasaran pembangunan tahunan nasional serta membahas pencapaian target daerah terhadap target pembangunan nasional dan perumusan tindak lanjut perencanaan pembangunan tahun berikutnya. 

“Dalam menjalankan amanah ini, kita bekerja saling mengingatkan dan menyempurnakan tentang realisasi dana desa harus sejalan dengan pembuatan laporan pertanggungjawaban (Output Laporan). Jika tidak, maka apa yang telah kita kerjakan tiada direkomendasikan oleh Dinas PMD untuk pengajuan dana desa tahap berikutnya” sebut Kasi PMG, Hendra 

Kegiatan ini dibuka oleh Camat Indrapuri, Irda Junaidi SE MM, tentang Evaluasi dan Informasi Pembangunan Desa. Rapat ini dihadiri oleh Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) berjumlah 17 orang selaku TPP.

Irda Junaidi mengatakan rakor ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memastikan keberlanjutan kesepakatan oleh para pemangku kepercayaan masyarakat untuk melaksanakan program/kegiatan sebagai upaya pencapaian target pembangunan desa, pengendalian terhadap perkembangan program/kegiatan untuk mencapai rencana target pembangunan nasional, dan mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat program/kegiatan dalam pencapaian target pembangunan nasional.

“Koordinasi teknis tahapan pengendalian dan evaluasi belum dilaksanakan secara ideal setiap bulannya oleh pemerintah Desa. Menyadari ketidak idealan tersebut, mulai saati ini, saya berharap pada Tim Pelaksana Kegiatan Desa dan Pendamping Desa agar berupaya secara maksimal melaksanakan koordinasi teknis semua tahapan sesuai dengan regulasi yang berlaku secara penejmputan data langsung. Oleh karena itu, kami sangat membuka diri menerima masukan dari semua pihak agar koordinasi teknis semua tahapan dapat dilakukan secara ideal kedepan guna kita pacu pencairan dana desa tahap 2,” kata Irda Junaidi dalam sambutan Rakornya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan informasi oleh beberapa PD Kecamatan diantaranya Abrar SPd selaku Koordinator Kecamatan (Korcam) Pendamping Desa, dengan pesan Urgensi dan Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Dokumen Perencanaan Pembangunan Desa berdasarkan ketentuan berlaku, Riki Riko Amanda (Pendamping Desa Pemberdayaan) dengan materi Tipologi Desa berdasarkan hasil pengendalian dan evaluasi pembangunan Desa dan Ika Yusra serta M. Fadhil (Pendamping Teknik dan Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Desa) dengan materi Konsepsi dan Evaluasi Koordinasi Teknis Pembangunan dalam rangka pencapaian target pembangunan Desa dengan skala prioritas nasional. 

Kontributor: Almuzanni

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top