LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Sebanyak 246 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Madrasah Dalam Jabatan (Daljab) Tahun 2022 LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti Pengukuhan Guru Profesional, Senin (08/05). Acara tersebut diselenggarakan secara hibrid, di Aula Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh dan daring melalui platform zoom.

Wakil Dekan bidang Akademik dan Kelembagaan FTK UIN Ar-Raniry, Prof Habiburrahim, SAg MCom PhD dalam laporanya menyampaikan, Peserta PPG Batch 3 Tahun 2022 berjumlah 327 orang yang terbagi menjadi 2 bidang yaitu 207 PPG PAI dan 120 PPG Madrasah. Seluruh peserta PPG PAI merupakan kuota jalur APBD dengan rincian 24 orang dari Pemda Kota Banda Aceh, 10 orang dari Kabupaten Pidie jaya, 66 orang dari Kabupaten Aceh Tenggara, 10 orang dari Kabupaten Aceh Timur, 80 orang dari Kabupaten Bener Meriah dan ditambah 10 orang dari bantuan dana Pendidikan Baitul mal Kabuapaten Aceh Tenggara.

Ia menambahkan, peserta yang mengikuti UKMPPG berjumlah 481 orang yang terdiri dari peserta first taker dan retaker. Adapun yang lulus dan dapat mengikuti pengukuhan sebanyak 246 orang dengan rekapitulasi perkabupaten/kota.

“Kabupaten Aceh Barat berjumlah 9 orang, Aceh Besar 11 orang, Aceh Selatan 4 orang, Singkil 1 orang, Aceh Tengah 17 orang, Aceh Tamiang 8 orang, Aceh Tenggara 40 orang, Aceh Timur 18 orang, Aceh Utara 13 orang, Banda Aceh 15 orang, Bener Meriah 28 orang, Bireuen 17 orang, Gayo Lues 2 orang, Nagan Raya 3 orang, Langsa 2 orang, Subulussalam 1 orang, Pidie 17 orang, Lhokseumawe 1 orang, Pidie Jaya 12 orang dan dari luar Aceh sebanyak 27 orang,” jelas Habib.

Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Mujiburrahman MAg, yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr Muhammad Yasir Yusuf, MA dalam amanatnya mengatakan UIN Ar-Raniry menjadi salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang tidak pernah putus dalam menyelenggarakan program PPG sejak pertama kali dilaksanakan oleh Kementerian Agama.






Ia menyatakan, bahwa terpilihnya UIN Ar-Raniry sebagai LPTK penyelenggara PPG, selain disebabkan oleh kesiapan SDM dan komitmen kuat, tentu juga karena adanya kerja sama yang baik dari LPTK AIN Ar-Raniry dengan pihak Kemenag RI, PMU LPDP, Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder. 

“Jika tidak ada kerja sama yang kuat tentu akan sulit untuk melaksanakan program ini,” ujar Warek I UIN Ar-Raniry.

Yasir Yusuf menegaskan, UIN Ar-Raniry berkomitmen untuk terus memberikan fasilitas terbaik dalam melaksanakan program PPG agar dapat berlangsung dengan optimal. Keseriusan ini merupakan salah satu indicator komitmen lembaga ini dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia bahkan secara global.

Lebih lanjut, Ketua Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dr Saifullah Maysa SAg MA  membacakan SK kelulusan dan dalam kesempatan pengukuhan PPG Batch 3 tahun 2022 tersebut pantia juga menghadirkan Kasubdit Ketenagaan Ditjen Pendidikan Agama Islam Kemenag RI, Dr Ruchman Basori, MAg untuk menyampaikan Orasi Ilmiah dihadapan peserta pengukuhan dengan tema "Guru Profesional dan Produktif". (M Rizki/rel)

SHARE :
 
Top