lamurionline.com -- Banda Aceh -- Forum Guru Musyawarah Mata Pelajaran Bahasa Arab se-Indonesia (F-MGMP) menyelenggarakan Olimpiade Bahasa Arab ke-6 tingkat Provinsi sekaligus Konferensi Guru Bahasa Arab se-provinsi Aceh yang dipusatkan di MTsN 1 dan MAN 1 Banda Aceh pada Sabtu (23/09/23).

Kegiatan OBA ini merupakan agenda tahunan F-MGMP Bahasa Arab se-Indonesia demi mensyiarkan bahasa Arab dan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar.

Ketua F-MGMP Bahasa Arab Provinsi Aceh, Ust. Tanzil Asri, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan OBA ini merupakan edisi yang ke 6 kalinya dan antusias peserta terus meningkat setiap tahunnya. Ada pun jumlah peserta pada tahun ini sebanyak 175 siswa yang terdiri dari 8 kategori, diantaranya kategori SMA/SMK Negeri, SMA/SMK Swasta, MA Negeri, MA Swasta, SMP Negeri/Swasta, MTs Negeri, MTs Swasta dan kategori SD/MI Negeri/Swasta. Semua peserta tersebut merupakan perwakilan terbaik dari 23 kabupaten/kota yang telah berhasil mendapatkan juara pada OBA tingkat Kabupaten sebulan yang lalu. 

Peserta yang memperoleh juara 1 pada setiap kategori berhak melaju ke tingkat nasional yang akan diadakan di Jakarta pada bulan november mendatang, tambahnya.

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan dari kementerian agama provinsi Aceh, Dinas pendidikan Provinsi Aceh, Anggota DPD RI asal Aceh H.M. Fadhil Rahmi, Lc, M

Ag, Anggota DPRK Banda Aceh Tuanku Muhammad, M. Ag, Narasumber seminar  Kamarullah, M. Pd dan para pembimbing dari setiap sekolah.

Anggota DPRK Banda Aceh, Tuanku Muhammad, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya belajar bahasa Arab karena ia bahasa Al-Quran dan bahasa ibadah kita sehari-hari,bagaimana kita bisa menghayati setiap bacaan shalat atau bacaan Al-Quran kita tanpa mengusai bahasa Arab. 

Acara OBA Ke-6 ini resmi  dibuka oleh anggota DPD RI asal Aceh, H.M. Fadhil Rahmi, Lc, M. Ag mewakili Kanwil provinsi Aceh dan Dinas Pendidikan. Dalam sambutannya Fadhil menyampaikan bahwa Bahasa Arab merupakan bahasa resmi Internasional dan dengan bahasa  kita bisa menaklukkan dunia serta bisa berkiprah dimana-mana, terus belajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa serta raihlah prestasi sebanyak-banyaknya, tutupnya.

Sementara Narasumber Seminar, Kamarullah, M. Pd menyampaikan tentang Implementasi pembelajaran Bahasa Arab berbasis Kurikulum Merdeka, seminar ini diikuti oleh 80 guru bahasa Arab provinsi Aceh.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Kementerian Agama, Dinas pendidikan provinsi Aceh, Bank Aceh dan Alef Education.(Cek Man/MRA)

Adapun para Juara Olimpiade Bahasa Arab ke-6 Provinsi Aceh sebagai berikut:


Kategori 1: SMA Negeri/Swasta

Juara I: Jihan Ramadhani: SMA Negeri 1 Kuta Cane

Juara II: Aris Syahada: SMAN Unggul Binaan Bener Meriah

Juara III: Muhammad Samik Abdillah: SMA Negeri 3 Langsa


Kategori 2: SMA/SMK Swasta:

Juara I: Fazil Mi'raj: SMA IT Al-Arabiyah

Juara II: Muhammad Hilmi: SMA IT

Juara III: Muhammad Alhambra Maulana: SMA IT


Kategori 3: MA Negeri

Juara I: Muhibbussabri: MAN 4 Aceh Besar

Juara II: Khaira Ummami: MAN Insan Cendekia Aceh Timur

Juara III: Sinna Resyadia: MAN 1 Pidie


Kategori 4: MA Swasta

Juara I: Indria Rahadatul 'Aisyi: Madrasah Aliyah Swasta Almanar

Juara II: Nayli Hajri: MAS Nurul Islam Bener Meriah

Juara III: M. Rafal Waliday: MAS Nurul Islam Bener Meriah


Kategori 5: SMP Negeri/Swasta

Juara I: D.D Aderehan Albasith: SMP IT Baitul Quran

Juara II: Habiby Fadli: SMP IT Baitul Quran

Juara III: Melisa Putri: SMP IT Baitul Quran


Kategori 6: MTs Negeri

Juara I: Sofia Rubia: MTsN 3 Aceh Barat

Juara II: Putri Nurul Azkia: MTsN 2 Bireuen

Juara III: Rika Ananda: MTsN 2 Bireuen


Kategori 7: MTs Swasta

Juara I: Ulfa Syaqila: MTsS Nurul Falah Aceh Barat

Juara II: Teuku Fathan Hananzita: MTsS Nurul Falah Aceh Barat

Juara III: Azalia Zuhra: MTsS Al-manar


Kategori 8: SD/MI

Juara I: Muhammad Asyraf bin Sulaiman: MIT Al-Muslimun Lhoksukon

Juara II: Siti Aminah: MIN 17 Pidie

Juara III: Atiqah Rayyana: MIN 17 Pidie

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top