lamurionline.com -- Aceh Besar -- Seribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Kementerian Agama Aceh Besar melaksanakan aksi bakti sosial dengan membersihkan Masjid dan Pantai di Kawasan Lhoknga, Aceh Besar pada Rabu (03/01/2024). Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) yang ke-78, yang diawali dengan Apel di Lapangan Kecamatan Lhoknga.

Aksi bakti sosial yang melibatkan ASN Kementerian Agama tersebut dilaksanakan di beberapa lokasi, antara lain Masjid Rahmatullah Lampuuk, Masjid Al Islah Lamkruet Lhoknga, dan Pantai Lhoknga. Keberadaan ASN sangat antusias dalam membersihkan Masjid bersejarah yang masih berdiri kokoh setelah mengalami gempa dan tsunami pada tahun 2004.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, Saifuddin, SE, menyampaikan komitmen untuk senantiasa bersama umat dan meningkatkan layanan kepada seluruh umat beragama demi mewujudkan Indonesia yang hebat. Ia juga menyerahkan perangkat alat kebersihan kepada pengurus Masjid Rahmatullah Lampuuk sebagai wujud dukungan terhadap kebersihan dan keberlangsungan masjid.

Dalam sambutannya, Saifuddin menggarisbawahi tema HAB ke-78, "Indonesia Hebat Bersama Umat", yang menekankan pentingnya pelayanan yang baik kepada umat. Ia memotivasi ASN Kemenag untuk menjadikan pelayanan sebagai panggilan hati, bukan hanya sekadar kewajiban birokrasi. Saifuddin percaya bahwa dengan semangat pelayanan yang tulus, birokrasi dapat menjadi lebih inklusif, transparan, dan berdampak positif bagi masyarakat.

Khalid Wardana, Kasubbag TU Kemenag Aceh Besar, dan Ketua Panitia HAB, Jamaluddin SE, menambahkan bahwa selain membersihkan rumah ibadah dan pantai, kegiatan bakti sosial juga telah dilakukan di kawasan pedalaman Lamteuba dan Lampanah Leungah di Kecamatan Seulimeum serta daerah kepulauan seperti Pulo Aceh. Rangkaian kegiatan meliputi kunjungan ke MIN 47 Aceh Besar di Pulo Nasi, safari Khutbah Jumat di Pulo Breuh, pelatihan tajhiz mayat, santunan anak yatim, dan kunjungan ke lokasi Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Pulo Aceh.

Pada kegiatan donor darah yang diikuti oleh puluhan ASN Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, berhasil terkumpul sebanyak 35 kantong darah. Khalid berharap darah yang terkumpul dapat memberikan manfaat besar bagi mereka yang membutuhkannya. Ia juga menekankan bahwa kegiatan donor darah merupakan salah satu agenda rutin dalam perayaan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama setiap tahunnya.(Cek Man)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top