*Korwil 1 Aceh Gencarkan Sinergi: Rakor Percepatan Dana Desa 2024 di Indrapuri, Langkah Awal Menuju Pembangunan Optimal


LAMURIONLINE.COM I ACEH - Korwil 1 Aceh menyelenggarakan rapat koordinasi dan konsolidasi dengan Camat dan Pendamping Desa dalam rangka meningkatkan percepatan perencanaan dan pencairan dana desa tahap pertama tahun 2024. Rapat yang dilaksanakan di Aula Lantai II Kantor Camat Indrapuri tersebut bertujuan untuk menyatukan visi dan misi antara pihak Korwil, Korkab TAPM Aceh Besar, Camat, dan Pendamping Desa dalam melaksanakan program pembangunan di tingkat desa.

"Rakor dan konsolidasi ini tidak hanya di Kecamatan Indrapuri, tetapi akan terus kita lakukan dan berlanjut di kecamatan lainnya di Aceh Besar," ujar Korwil 1 Aceh, Zulfahmi Hasan. Turut Hadir dalam pertemuan itu, Korkab Aceh Besar, A Basyir A Jalil, TAPM Aceh Besar, Khairuddin, Emirza dan Zulfiana MPd.

Dalam rapat tersebut, dibahas berbagai strategi dan langkah-langkah konkret yang dapat ditempuh guna mempercepat perencanaan dan pencairan dana desa. Koordinasi yang intens antara Camat dan Pendamping Desa diharapkan dapat menciptakan sinergi yang optimal, sehingga setiap gampong dapat mengoptimalkan penggunaan dana desa untuk pembangunan infrastruktur dan pelayanan masyarakat.

Pentingnya percepatan perencanaan dan pencairan dana desa menjadi fokus utama dalam rapat tersebut, mengingat dampak positifnya terhadap pembangunan di tingkat gampong. Dengan adanya koordinasi yang baik, diharapkan setiap gampong dapat segera mengimplementasikan rencana pembangunan yang telah disusun, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat gampong.


"Camat dan Pendamping Desa diharapkan menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan program pembangunan di tingkat gampong. Melalui rapat koordinasi ini, diharapkan tercipta komunikasi yang efektif antara Camat dan Pendamping Desa sehingga percepatan perencanaan dan pencairan dana desa dapat dicapai dengan hasil yang optimal," ujar Korkab Aceh Besar, Basyir A Jalil.

Basyir juga menyinggung tentang prioritas penggunaan dana desa untuk tahun 2024 sesuai Permendes No 13 Tahun 2023, terutama untuk BLT, ketahanan pangan dan stunting. "Sudah selayaknya seluruh Tenaga Pendamping Profesional (TPP) untuk membaca regulasi yang ada agar tidak salah kaprah dalam menyampaikan ke Gampong," ujar Basyir.

Camat Indrapuri, Irda Junaidi SE MM menyambut baik agenda Korwil dan TAPM untuk percepatan dana desa. Irda menyebut di kecamatan Indrapuri khususnya hal itu telah dilakukan setiap tahun untuk menciptakan sinergitas dalam pelaksanaan program pendampingan di gampong "PD dan PLD merupakan mitra kerja pemerintah kecamatan melalui Kasi PMG dalam pendampingan dan penyampaian regulasi dalam setiap kegiatan di Gampong," ujar Camat Indrapuri.

Rapat koordinasi dan konsolidasi ini menegaskan komitmen Korwil 1 Aceh dalam mendukung pembangunan di tingkat gampong. Dengan sinergi yang baik antara berbagai pihak terkait, diharapkan tahap pertama pencairan dana desa tahun 2024 dapat berjalan lancar, efisien, dan memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat gampong.

Editor: Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top