LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Camat Indrapuri, yang diwakili Kasi PMG, Hendra Saputra, secara resmi membuka lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke- IX (9) tingkat Kemesjidan Baburridha Lam Ilie sekaligus peringatan malam Nuzulu Qur'an. Setidaknya ada 9 cabang yang akan diperlombakan di Panggung Utama pelaksanaan MTQ, Rabu (27/3/2024), sebagaimana diungkapkan Ketua Panitia, Hafnan.

Adapun 9 cabang itu antara lain, Tilawah, Pidato, Hafal Juz Amma, Azan, Cerdas Cermat Ilmu Agama, Khutbah Jumat, Syarhil Qur'an, tartil dan Fardhu Kifayah.

Hendra Saputra dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada panitia dan peserta yang mengikuti perlombaan ini. Kemudian ia berharap peserta dapat menunjukkan kecakapan dan keindahan dalam membaca AlQur'an sekaligus memperkuat akhlak dan karakter Islami.

"Pada dasarnya perlombaan MTQ ini upaya untuk meningkatkan kemampuan seni baca Al Qur'an, dan sekaligus menanamkan rasa cinta kita terhadap Al Quran," kata Hendra Saputra.


Dengan demikian, Hendra berharap kegiatan MTQ ke IX dapat berjalan lancar sehingga dapat menjaring qari dan qariah terbaik di Kemesjidan Baburridha Lam Ilie. Pun demikian dia berharap lomba ini dapat menjalin keukhuwahan di Kecamatan Indrapuri dan kemesjidan Baburridha khususnya.


Sementara, Ketua Panitia, Hafnan, menyampaikan pelaksanaan lomba MTQ ini diadakan sebagai wujud komitmen untuk mendorong semangat dan kecintaan generasi muda terhadap kitab suci Al-Qur'an.

"Acara lomba MTQ tingkat kemesjidan ini diadakan selama beberapa malam dan diikuti oleh 9 kafilah, yakni 8 kafilah dari Gampong dan 1 kafilah dari Remaja Masjid " katanya.

Usai pembukaan selanjutnya, dilakukan penyerahan piala bergilir dari peraih Juara Umum MTQ sebelumnya, yaitu Gampong Reukih Dayah kepada panitia yang diwakili Imam Masjid Baburridha Lam Ilie, Suryadi M Jamil yang juga Kasi Penmad Kemenag Aceh Besar. Seluruh peserta lomba MTQ juga mengikuti pawai defile masing-masing kafilah di depan panggung utama dan di hadapan hadirin yang hadir.











Selain itu, Qori International, Ustad H Taqdir Feriza Hasan ikut membacakan lantunan ayat suci Al Quranul Karim yang dilanjutkan dengan shalawat Nabi diikuti oleh seluruh hadirin yang hadir.

Acara ini juga turut dihadiri muspika plus, imam masjid, Ketua MAA Kecamatan, keuchik se-kemesjidan, LPTQ Kecamatan, Ippemindra dan tokoh masyarakat lainnya.

Kegiatan diakhiri dengan ceramah nuzulul quran dan doa penutup yang disampaikan Tgk Edi Fitriadi (Waled Na) Pimpinan Dayah Masyraf Peukan Bada dan Dayah Mulia Blang Bintang, yang juga Alumni Dayah Ulee Titi.

Liputan: Cek Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top