Oleh: Herman, S. Pd. I (Guru MIN 6 Aceh Besar)



lamurionline.com -- Ghibah adalah membicarakan kejelekan atau aib orang lain dan salah satu perilaku negatif yang seringkali dilakukan tanpa disadari oleh banyak orang. Tidak hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga merugikan orang lain. Untuk menghindari perilaku ini, perlu dilakukan langkah-langkah konkret dan konsisten. Berikut beberapa tip yang dapat membantu:

  1. Isi waktu luang dengan kegiatan yang positif: Mengalihkan perhatian dari gosip dan pembicaraan negatif dengan melakukan kegiatan yang positif seperti membaca, menulis, atau berolahraga. Dengan begitu, pikiran akan terfokus pada hal-hal yang lebih bermanfaat.
  2. Bercobalah berempati: Memikirkan bagaimana perasaan orang yang menjadi objek ghibah bisa membantu kita untuk lebih memahami dampak negatif dari tindakan tersebut. Bayangkan jika kita berada di posisi mereka, apakah kita akan senang jika keburukan kita dibicarakan orang?
  3. Cobalah untuk berpikir sebelum berbicara: Sebelum mengeluarkan kata-kata, pertimbangkan terlebih dahulu apakah yang akan dikatakan tersebut akan memberikan manfaat atau justru akan merugikan orang lain. Berpikir sejenak sebelum berbicara dapat menghindarkan dari kesalahan yang tidak diinginkan.
  4. Berbicara sambil berzikir: Mengucapkan zikir atau berdoa ketika berbicara dapat membantu mengingatkan diri sendiri untuk tetap berbicara dengan kata-kata yang baik dan bermanfaat. Dengan mengaitkan pembicaraan dengan aktivitas spiritual, kita dapat lebih mudah mengontrol diri.
  5. Tingkatkan rasa percaya diri: Seringkali ghibah dilakukan karena kurangnya rasa percaya diri dan kebutuhan untuk merasa lebih baik dengan menjelek-jelekan orang lain. Dengan meningkatkan rasa percaya diri, kita akan lebih mampu untuk menghargai dan menghormati orang lain tanpa perlu mengkritik mereka.
  6. Buang penyakit hati: Ghibah sering kali dipicu oleh rasa iri, dengki, atau marah terhadap seseorang. Mengatasi dan membuang penyakit hati ini adalah langkah penting untuk menghindari perilaku ghibah. Belajar untuk menerima dan menghargai keberhasilan orang lain akan membantu kita untuk lebih baik dalam mengendalikan emosi negatif.
  7. Hindari, Ingatkan, Diam atau Pergi: Jika berada di dalam situasi di mana ghibah sedang terjadi, kita memiliki beberapa pilihan. Pertama, hindari ikut terlibat dalam pembicaraan tersebut. Kedua, ingatkan orang lain akan bahayanya ghibah dan ajak mereka untuk berhenti. Ketiga, jika situasinya tidak memungkinkan, diam dan jauhkan diri dari lingkungan yang negatif.

Dengan menerapkan tips-tips di atas secara konsisten, diharapkan kita dapat menghindari perilaku ghibah dan menjaga hubungan yang harmonis dengan orang lain serta meningkatkan kualitas diri kita sendiri.

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top