*Program ketahanan pangan

Kasi PMG panen semangka

LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Kasi Pemberdayaan Masyarakat (PMG) Kecamatan Kuta Malaka, Irmansyah Ridwan, S. Kom, Sabtu (06/04/2024) mengunjungi kebun semangka yang dibudidayakan oleh masyarakat di Gampong Releung Karieng Kecamaan Kuta Malaka dan sudah memasuki masa panen. Ini merupakan kunjungan dalam rangka memanen buah semangka yang ditanam di halaman rumah milik salah seorang warga Reuleung Karieng (Zulfadhli) yang juga Sekretaris Gampong Reuleng Karieng.


Program ini merupakan program ketahanan pangan yang selama ini gencar disosialisasikan saat musrenbang oleh Kasi PMG ini untuk masyarakat yang ada di Kecamatan Kuta Malaka agar memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan kosong yang tidak terpakai selama ini untuk bisa ditanami berbagai macam tanaman, baik jenis hortikultura maupun jenis tanaman ketras lainnya.

Kebun melon milik Kasi PMG dihalan rumah

Pada akhir tahun 2023, Irmansyah juga telah memberi edukasi agar masyarakat bisa termotivasi untuk memanfaatkan pekarangan rumah, dengan menanam melon jenis F1 di pekarangan rumah di Gampong Tumbo Baro Kecamatan Kuta Malaka dan berhasil panen dan menjualnya dengan cara agrowisata, masyarakat bisa membeli langsung dan ada juga yang mem-booking terlebih dahulu.

Irman berharap masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan atau lahan yang tidak terpakai sebelumnya dengan menanam berbagai jenis tanaman yang bisa menghasilkan, selain untuk kebutuhan diri sendiri kalau lebih bisa untuk dijual sehingga bisa menambah pendapatan keluarga dan bisa menghemat pengeluran sehari-hari. "Masyarakat bisa menanam jenis cabe, timun, tomat, semangka, melon dan lain-lain, serta tidak malu menjadi petani tetapi menjadi “gaya hidup” dengan berkebun, selain sehat juga menghasilkan," demikian tutup Irman, Kasi PMG Kuta Malaka*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top