LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Mursyidan Zhafiri, siswa kelas XI MAS Imam Syafi’I Sibreh berhasil lolos mewakili Provinsi Aceh pada ajang Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh – Sumatera Utara yang akan digelar pada tanggal 8 September 2024.  Mursyidan lolos sebagai atlet panahan kategori standar Bow Nasional mewakili Propinsi Aceh  berdasarkan hasil Seleksi Daerah (SELEKDA)  yang di lakukan oleh Pengprov Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) dari tahun 2023 - 2024. 

Saat itu, Sebanyak 585 atlet panahan dari 35 provinsi di Indonesia  berjuang untuk mendapatkan tiket berlaga di cabang olahraga (cabor) panahan pada Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara. Babak Kualifikasi PON 2024 berlangsung dari 18 sampai 24 November 2023 di Stadion GOR Pajajaran, Bogor, Jawa Barat. Kualifikasi cabor panahan tersebut dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, didampingi oleh Wakil Ketua Umum I PB Perpani sekaligus Ketua Penyelenggara Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Bendahara Umum PB Perpani Irawadi Hanafi, dan Ketua Panitia sekaligus Waketum II Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Perpani Abdul Razak, di Stadion GOR Pajajaran, Bogor.

Mursyidan Zhafiri merupakan santri di Pesantren Imam Syafi’I Sibreh sekaligus siswa kelas XI MAS Imam Syafi’I yang lahir 16 tahun silam. Mursyidan juga telah menjuarai beberapa event panahan mulai dari Pekan Olahraga Aceh (PORA), Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Junior di  Yogyakarta dan  Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) di Sumatera Selatan pada tahun 2023.

Mursyidan membagikan pengalamannya bagaimana ia berhasil menjadi atlet panahan mulai dari beratnya  harus membagi waktu kegiatan pesantren dan juga latihan kemudian hari libur pesantren juga ia gunakan untuk latihan. "Tidak terhitung lagi berapa kali saya harus berganti busur, akseoris, anak panah dan lain sebegainya sejak 6 tahun yang lalu untuk dapat lolos hingga mewakili Propinsi Aceh pada ajang PON XXI Aceh – Sumut, intinya kita fokus dan harus pintar membagi waktu dan juga berdoa," ungkap mursyidan.   

Pimpinan Pesantren Imam Syafi’I Sibreh, Ust TeukuTommy YS, M.Ag didampingi wakil pimpinan pesantren Ust.Fajri,S.Pd.I, sangat mengapresiasi salah satu santri yang mengukir prestasi hingga nasional. Ia berharap makin banyak lagi santri–santri di Aceh yang memiliki pengetahuan agama yang luas namun juga memiliki prestasi di bidang lainnya. (Baihaqi)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top