Adv

Adv

 Lamurionline.com--WARGA Kota Langsa hari ini disuguhi pemandangan ini: sejumlah polisi wanita berkeliling kota memakai sepeda.
Pemandangan tak biasa itu tentu saja menarik perhatian warga kota. Simaklah penuturan Munawar, warga Langsa yang terkaget-kaget dengan pemandangan itu.'
"Saya kagum dan bangga dengan polisi wanita Polres Langsa yang mau berpatroli dengan sepeda. Sepengetahuan saya, ini pertama kali mereka patroli dengan sepeda," kata Munawar dengan nada sumringah.
Munawar punya kesan khusus terhadap polisi laki-laki dan perempuan. Katanya, jika yang patroli polisi laki-laki kemungkinan besar masyarakat tidak berani melaporkan tentang situasi di daerah. "Kalau wanita lebih ramah, apalagi naik sepeda," ujarnya.
Ia pun berharap, patroli bersepeda itu terus digiatkan, tidak hanya sementara saja.
Patroli Polwan bersepeda itu dipimpin Aiptu Imas. Kepada ATJEHPOSTcom, Imas menuturkan, berpatroli dengan bersepeda selain sehat juga mengasyikan jika dibandingkan berpatroli dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Selain itu, agar Polwan lebih dekat dengan masyarakat.
"Dengan bersepeda kita bisa lebih mudah menjangkau langsung ke pusat-pusat keramaian masyarakat seperti pasar. Jika dengan sepeda motor atau mobil rasanya kurang pas bila kita masuk-masuk ke pasar," ujarnya.
Selain itu, kata Imas, dengan bersepeda lebih gampang langsung menyapa masyarakat. Terutama jika ada keluhan soal keamanan di lingkungan tempat tinggalnya. "Tujuan utama patroli bersepeda adalah kita bisa menyerap langsung aspirasi dari masyarakat tentang keamanan," ujarnya.
Keyakinan Imas memang terbukti siang tadi. Menurutnya, ketika menyambangi pasar, para pedagang meminta patroli bersepeda lebih sering dilakukan oleh polisi wanita.
Perwira Koordinator Polwan Polres Langsa, AKP.Kamila mengatakan, patroli bersepeda itu sebagai bentuk perhatian Kapolres Langsa, AKBP.Hariadi agar Polwan lebih dekat dengan masyarakat.
Selama ini, kata dia, polisi laki-laki lebih sering patroli tinimbang polisi wanita. "Saya berharap patroli ini dapat dukungan penuh dari masyarakat, sehingga tercipta rasa aman di tengah-tengah masyarakat," ujarnya. | (yas)
SHARE :
 
Top