Adv

Adv


Lamurionline.com--WAKIL Bupati Bireuen, Mukhtar didampingi sejumlah pejabat dinas terkait meninjau lokasi amukan gajah di Desa Pante Peusangan, Kecamatan Juli, Bireuen, Rabu 20 Februari 2013. Mukhtar dan rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 16.00 wib.
Dia turut membawa bahan makanan untuk diserahkan kepada delapan kepala keluarga yang rumahnya dirusak gajah. Wakil bupati turut meninjau sejumlah rumah yang dirusak gajah dan melihat tanaman di kebun yang ditumbangkan seekor gajah jantan.
Saat rombongan pejabat Pemkab Bireuen tiba di lokasi, seekor gajah yang digambarkan berbadan sebesar minibus baru saja melintas dan mengejar warga serta merubuhkan beberapa pohon pinang dan nangka.
Saat wakil bupati berbincang dengan warga setempat, suara lengkingan gajah jantan yang tetap berada di sekitar pemukiman terdengar nyaring dari jarak sekitar 300 meter.
"Tadi siang seekor gajah mendekat ke rumah warga, saat berpapasan dengan warga, gajah itu langsung agresif dan menumbangkan pohon pinang dan pohon apa saja yang ada di sekitarnya, gangguan gajah sudah terjadi selama sebulan terakhir," ujar Mukhtar Ismail, Keuchik Desa Pante Peusangan kepada Wakil Bupati Mukhtar dan Camat Juli M. Fuadi serta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bireuen, Agussalim.
Mukhtar Ismail mengatakan gajah yang sering berkeliaran di sekitar rumah warga hanya seekor, tetapi terkadang beberapa ekor lainnya merapat ke tempat gajah jantan itu.
Biasanya setelah beberapa jam bergabung dengan gajah itu, mereka suka menghilang ke hutan. Beberapa gajah lainnya yang sering bergabung dengan gajah jantan berkulit kekuningan itu tidak merusak.
Setelah melihat langsung sejumlah rumah yang rusak diamuk gajah, wakil bupati juga menyerahkan bantuan logistik kepada warga.[](bna)

SHARE :
 
Top