Adv

Adv


SEKOLAH Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri Aceh menggelar seminar membentuk generasi qurani yang smart, di Hotel Permata Hati, Aceh Besar, Sabtu 2 Maret 2013. Seminar memperingati milad ke delapan SDIT itu dihadiri orang tua murid dan guru-guru.
Hadir dalam seminar itu sebagai pemateri Dosen Psikologi Unsyiah, Neke dan Ustadzah Yiyi Hisyiah Al Hafizah. Dalam seminar itu, pemateri menjelaskan kiat-kiat menumbuhkan minat membaca Alquran bagi anak.
Menurut Neke selaku Magister Psikolog dan dosen di Fakultas Psikologi Unsyiah itu, membaca Alquran  dapat meningkatkan kecerdasan seseorang.
"Apalagi anak-anak karena otak anak sedang berkembang di usia yang masih dini," katanya.
Ada beberapa kiat yang bisa menumbuhkan minat baca menurut Neke. Pertama, harus diawali dari peran orang tua si anak. Dimana orang tua, kata dia, harus menjadi teladan yang bisa menjadi contoh bagi anak.
“Keteladanan dari orang tua yang selalu membaca Alquran sehingga anak dengan mudah bisa meniru kebiasaan orang tuanya,” ujarnya.
Sementara kiat yang kedua, kata dia, yaitu menciptakan kondisi positif dimana orang tua harus mampu meluangkan waktu untuk membaca Alquran bersama anak-anaknya.
Di sisi lain, Ustadzah Yiyi Hisyiah Al Hafizah mengatakan, untuk menumbuhkan minat membaca Alquran bagi anak yaitu dengan berdoa. Berdoa merupakan intisari Ibadah. Orang tua juga harus memberi contoh atau teladan bagi anak dengan membiasakan membaca Alquran.
“Keteladanan membaca Alquran dari orang tua mampu membangun kebiasaan anak untuk membaca dan menghafal Alquran. Biasakan anak membaca Alquran setelah magrib karena itu waktu yang baik,” ujarnya.
Orang tua, kata dia, juga bisa memotivasi anak dengan memberi gambaran bahwa dengan membaca Alquran, Allah akan memberi kemuliaan. Selain itu, kata dia, memberikan hadiah kepada anak saat dia mampu menghafal ayat Alquran serta membangun lingkungan kondusif yaitu lingkungan yang nyaman untuk anak ketika membaca Alquran juga bentuk motivasi lainnya.
“Orang tua yang mengajarkan anaknya membaca dan menghafal Alquran, Allah akan memberi mahkota yang sangat indah di surga,” ujarnya.[](bna)
SHARE :
 
Top