Oleh: Ahmad Faizuddin, S.Pd.I, M.Ed 

M o d e l - M o d e l P e n d i d i k a n Alternatif di Berbagai Negara (9) 

Central Park East Schools (Bagian Pertama) 
Central Park East Schools (CPES) adalah salah satu c o n t o h d a r i m o d e l Democratic Schools yang didirikan pada tahun 1974. Pendiri dan sekaligus Direkturnya, Deborah Meier (lahir 6 April, 1 9 3 1 ) , a d a l a h s e o r a n g p e n d i d i k berkewarganegaraan Amerika Serikat yang sering dianggap sebagai penggagas gerakan modern sekolah kecil (small schools movement). Sekolah ini berusaha memasukkan idealisme maju (progressive) dari John Dewey guna menyediakan pendidikan yang lebih baik untuk anakanak di East Harlem, dalam system sekolah publik di New York City. Mission Statement – Philosophy pendidikan dari CPES berakar pada kepercayaan bahwa anak harus dinilai berdasarkan pengalaman, bahasa, dan budaya yang mereka bawa ke sekolah. K e m a m p u a n , p e n g e t a h u a n , d a n pemahaman mereka merupakan fondasi dasar dalam memulai belajar. Jadi misi dari sekolah ini adalah untuk memfasilitasi pelajar dengan menyediakan materi, pengalaman dan dukungan yang memungkinkan pelajar mencapai sukses akademis, sosial dan emosional. 

Untuk menjalankan philosophy dan misi dari sekolah ini diperlukan dukungan kerjasama dari keluarga, guru, penyedia jasa pendidikan dan masyarakat sekitar. School Traditions – Diantara keunikan CPES adalah senantiasa menjaga tradisi sekolah. Tradisi ini telah memainkan peran penting dalam membangun kehidupan bermasyarakat di sekolah ini selama bertahun-tahun. Tradisi Pertama, Open House. Acara ini merupakan kegiatan pertama ketika sekolah dimulai, dimana para orang tua datang ke sekolah untuk berkumpul dan mengunjungi ruangan belajar anak-anak mereka. Di sana mereka mendengarkan tentang rencana-rencana belajar selama satu tahun tersebut dan berjumpa dengan orang tua murid lainnya. 

Tradisi Kedua, Fall Festival. Festival musim gugur biasanya diadakan pada hari Sabtu akhir bulan Oktober. Setiap kelas akan mempersiapkan kerajinan tangan untuk dijual di arena tersebut. Ada juga tersedia makanan international dan macam-macam hiburan. Para keluarga murid biasanya berbaur bersama dengan panitia penyelenggara. Menuju Ke Arah Pengembangan Pendidikan Alternatif (Bagian Ke-26) Oleh: Ahmad Faizuddin, S.Pd.I, M.Ed PENDIDIKAN M e r e k a m e m b e r i k a n bantuan tenaga d a n mendonasikan uang. Selain itu mereka juga membawa makanan dan membantu membersihkan arena festival. 

Tradisi Ketiga, Winter Concert. Konser musim dingin ini pada dasarnya adalah sebuah kesempatan untuk berbagi d e n g a n m a s y a r a k a t . P a r a p e l a j a r menunjukkan kebolehannya dalam bermusik kepada keluarga dan masyarakat sekitar. Kehadiran para orang tua menunjukkan dukungan mereka terhadap prestasi yang diraih oleh para pelajar di sekolah. 

Tradisi Keempat, Book Fair. Pameran buku diadakan selama satu minggu setiap bulan December. Acara ini bertujuan untuk menggairahkan minat baca siswa sekaligus mengumpulkan dana untuk sekolah. Daftar buku-buku yang dipamerkan akan dikirimkan kepada orang tua jauh-jauh hari sebelum acara, supaya mereka bisa mengetahui apa yang akan dipamerkan. Bukan hanya siswa saja yang bisa menghadiri pameran buku ini, para orang t u a p u n b o l e h m e n g h a d i r i d a n berpartisipasi sepenuhnya. Para orang tua bisa dengan sukarela membantu menjaga stand pameran serta mengumpulkan bukubuku yang menjadi bahan bacaan kelas anak-anak mereka (Classroom Wish List). 

Tradisi Kelima, Staff Appreciation Luncheon. Pada pertengahan bulan Juni, para orang tua diminta untuk membawakan makanan untuk acara makan siang sebagai apresiasi untuk staff di sekolah. Acara ini merupakan kesempatan orang tua untuk berterima kasih kepada sekolah atas usaha mereka selama setahun. Para relawan akan menciptakan tema, membuat dekorasi, membuat setting meja, menyediakan dan membawa makanan, serta membantu membersihkan tempat. 

Tradisi Keenam, Family Picnic. Acara santai keluarga bersama sekolah ini dilaksanakan pada hari Jum'at menjelang akhir tahun ajaran. Para keluarga-keluarga baru akan diundang piknik untuk makan siang dan bermain bersama. (Bersambung) 

Bibliography: 
Apple, M. W., Beane, J. A. (Eds.). (1995). Democratic schools. Alexandria, VA: A s s o c i a t i o n f o r S u p e r v i s i o n a n d Curriculum Development (ASCD). 
Central Park East 1 Elementary School. Retrieved October 12, 2013 from http://www.centralparkeastone.org. 
Central Park East II Elementary School. Retrieved October 12, 2013 from http://www.cpe2.org. 

Sinyeu, 21:30 p.m., October 13th © Akhi 2013
SHARE :
 
Top