Lamurionline.com--Aceh Besar – Wakil Bupati Aceh Besar, Drs H Syamsulrizal MKes menyerahkan santunan untuk 2.785 orang anak yatim yang berasal dari 23 kecamatan di Masjid Babussalam, Kemukiman Lamteungoh, Kecamatan Ingin Jaya, Sabtu (12/10/2013).
Kegiatan tersebut turut dihadiri Sekdakab Aceh Besar Drs H Jailani Ahmad MM, para staf Ahli Bupati, para Asisten Setdakab, kepala SKPK, para camat, Muspika Ingin Jaya, dan tokoh-tokoh masyarakat.
Kadissosnakertrans Aceh Besar, Drs Burdan ZZ melaporkan, kegiatan yang sama sebelumnya juga telah dilakukan oleh Pemkab Aceh Besar menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 H yang dipusatkan di Masjid Jamik Sibreh, Kecamatan Sukamakmur.
Saat itu, anak yatim yang disantuni sebanyak 2.306 orang. Dengan demikian, jumlah anak yatim yang disantuni oleh Pemkab Aceh Besar Tahun Anggaran 2013 sebanyak 5.091 orang, dengan total bantuan seluruhnya Rp 1.272.750.000. “Kepada masing-masing anak yatim tersebut kita santuni Rp 250 ribu,” jelasnya.
Wakil Bupati Aceh Besar, Syamsulrizal menyatakan, anak yatim merupakan sosok manusia yang mendapat kedudukan khusus dan mulia di sisi Allah SWT dan begitu pula dengan perhatian Rasul-Nya yang sangat besar kepada mereka, sebagaimana dari banyaknya ayat dalam al-Qur’an yang menyebutkan tentang masalah anak yatim.
Bahkan, di dalam al-Qur’an ketika menyebutkan tentang kaum dhuafa, maka anak yatim menduduki peringkat pertama. “Nabi Muhammad SAW telah yatim sejak sebelum dilahirkan dan beliau telah merasakan pahit getirnya menjalani kehidupan sejak kecil. Oleh karena itu, sangatlah wajar jika anak yatim mendapat perhatian khusus dari AllahSWT dan Rasul-Nya,” katanya.
Dikatakanya, untuk ke depan, Pemkab Aceh Besar akan kembali memikirkan tentang santunan untuk anak yatim serta perminaan bantuan/santunan untuk lebih kurang 2.000 piatu yang tersebar di berbagai kecamatan. Oleh karenanya, Pemkab sangat antusias dalam menyikapi hal ini, karena pada dasarnya program mulia itu merupakan program pro rakyat yang sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.
Wabup Aceh Besar berharap, dengan adanya bantuan dan kepedulian dari Pemkab Aceh Besar, kiranya dapat digunakan secara baik oleh anakyatim untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1434 H. Kepada pejabat dan masyarakat, diajak juga untuk selalu memperhatikan anak-anak yatim dan kaum dhuafa, serta apa yang mungkin dapat disumbangkan untuk mereka silakan diberikan dengan ketulusan hati dan jiwa, sehingga beban yang dirasakan para anak yatim dan dhuafa dapat tertanggulangi. (sp) 
SHARE :
 
Top