Melalui Milad Media LAMURI Yang Ke-10 Kami Terus Berbenah Untuk Berbagi Informasi Kepada Pembaca (15 Juli 2010 - 15 Juli 2019) Indahnya Menjalani Hidup Sehat Oleh : Rina Julita, Amd. Kep - Lamuri Online
Loading...

Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang, karena hidup tanpa kesehatan sama seperti kopi tanpa gula, artinya hidup tanpa sehat itu tak ada artinya, meskipun semua kebutuhan dan keinginan telah kita gapai, tapi semua itu percuma karena kita tak dapat menikmatinya, jangankan kita nikmati untuk hal duniawi untuk menggapai akhirat aja susah. Dan karena hal itu setiap orang menjadi penasaran bagaimana bisa menjadi sehat jikalau pola hidupnya saja tidak sehat, sehingga akan bertanya “bagaimana sih cara menjalani hidup sehat yang benar”. Setiap orang pasti ingin tau tentang hal tersebut, tapi terkadang ada orang yang sudah tau tapi tak mau menjalaninya, mungkin semua itu karena kita belum mampu memaknai apa arti dari sehat itu sendiri, padahal Allah sendiri telah menyuruh kita pergunakan lima perkara sebelum datang lima perkara, yang mana salah satunya yaitu pergunakan sehat mu sebelum sakitmu. Pola hidup sehat itu sebenarnya tidaklah susah, akan tetapi juga tidaklah gampang, karena setiap tubuh itu memiliki kondisi yang berbeda-beda, tergantung dari daya tahan tubuh masing-masing. Sehingga kita membutuhkan manajemen yang sesuai dalam mengatur pola hidup kita. 

Karena sakit itu lebih baik dicegah daripada diobati, untuk itu perlu kita ketahui beberapa langkah untuk menuju hidup sehat, diantaranya yaitu: 

1. Perhatikan makan yang anda konsumsi Sangat banyak orang disekitar kita tidak memperhatikan ini, padahal mengkonsumsi makanan yang memenuhi standar kesehatan itu sangat penting, karena banyak makanan yang berbahaya bagi tubuh tapi sangat diminati seperti makanan mengandung pengawet, junkfood, makanan instan, makanan yang dibakar padahal ini sangat berbahaya bagi tubuh yang merupakan pengundang timbulnya kanker. Jadi untuk mencapai sehat itu kita perlu mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, dan di waktu yang teratur. 

2. Tidur yang teratur dan cukup Kebutuhan tidur seseorang itu + 7-8 jam perhari. Jika anda tidur kurang atau lebih maka kemungkinan besar akan mengganggu. Jadi tidur cukup itu sangat penting. 

3. Jam kerja maksimal 10 jam saja cukup Jika anda terlalu berlebihan menggunakan waktu untuk bekerja ditakutkan anda akan sangat rentan terhadap penyakit, karena tubuh memerlukan istirahat untuk mengembalikannya kepada keadaan normal. 

4. Teratur dalam berolahraga Olahraga mudah dilakukan tapi banyak yang mengabaikannya, padahal sangat penting dalam menjaga keseimbangan tubuh dan menjaga tubuh tetap bugar, serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menguatkan tulang, mencegah kencing manis, menurunkan resiko kanker, mengurangi stress dan depresi. 

5. Optimis Sikap optimis sangat berdampak bagi kesehatan karena sangat berkaitan erat dengan sistem daya tahan tubuh. Seseorang yang optimis akan selalu memandang hidupnya seperti alunan nada, yang selalu mengikuti irama, cerah penuh warna, dan selalu tertawa, yang mana hal ini sangat mendukung kesehatan secara menyeluruh. 

6. Pribadi yang kuat Hal ini sangat menunjang kesehatan secara optimal, karena Pribadi yang kuat akan mampu mengendalikan hidupnya dengan baik, sehingga ia tidak akan terjerumus untuk mendekati apapun yang dapat merusak dirinya, dan agamanya serta ia tidak akan berlebihan menjalani hidup. 

7. Menciptakan lingkungan yang sehat Lingkungan yang sehat merupakan cerminan hidup sehat, untuk peliharalah lingkungan kita, dan jangan sampai kita sendiri yang menghancurkannya. Demikianlah sedikit kiat yang dapat saya bagi, semoga bermanfaat dan smoga Allah melimpahkan rahmatnya untuk kita semua.
SHARE :
 
Top