Loading...

Taman Seni dan Budaya Aceh, Selasa (12/11) menggelar Pameran dan Pagelaran Seni Se-Sumatera (PPSS) XVI Tahun 2013. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berlangsung mulai 12 – 15 November mendatang. Sebanyak sepuluh provinsi termasuk Aceh ikut serta dalam pameran dan pagelaran seni ini, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau dan Bangka Belitung. Para seniman dari berbagai provinsi di Sumatera ini menampilkan berbagai ragam seni dan budaya masing-masing baik tradisional maupun modern. 

Kepala UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh, Yusri, S.Sos, M.Si, MS yang ditemui Lamuri mengatakan, digelarnya event seni se- Sumatera merupakan ajang menciptakan kesatuan dan persatuan masyarakat seni se Sumatera melalui Kegiatan Pameran dan Pagelaran seni se Sumatra, ungkapnya. Yusri jugamenambahkan, Pelaksanaan Pameran dan Pagelaran Seni Se Sumatera (PPSS) XVI Tahun 2013 yang dilakukan di Provinsi Aceh kali ini mengambil tema Ragam Pesona Seni Sumatera 2013 yang nantinya akan di isi pelbagai jenis seni pertunjukan seperti, tari, musik, pameran dan lain sebagainya. Sedangkan materi acara yang akan di tampilkan adalah Pan Sumatera Ensamble Musik, Pagelaran Seni Musik dan Tari, Pameran Seni Rupa, Diskusi Seni, dan tentunya Pertemuan Kepala Taman Budaya se- Sumatera, jelas Yusri. 

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Adami mengatakan pagelaran dan pameran diikuti para seniman dan artis dari sepuluh provinsi di Sumatera. Acara dilaksanakan secara bergilir setiap tahun dan kali Aceh menjadi tuan rumah, sementara tahun depan akan dilaksanakan di Provinsi Riau. Pelaksanaan PPSS ke-16 ini memiliki makna penting untuk menjalin hubungan para seniman dan artis maupun masyarakat seni di Sumatera. Selain itu, juga dapat mempererat persaudaraan sesama seniman dan artis. Kegiatan ini juga didukung oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai sarana edukasi, sarana informasi dan komunikasi, sarana rekreasi, serta apresiasi para seniman dan artis” jelas Adami. (Abr/Hrn)
SHARE :
 
Top