Loading...

Lamurionline.com--Aceh Besar - Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah, memimpin acara peringatan Hari Pahlawan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Besar di SMA Unggul Ali Hasymi, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, Minggu (10/11/2013).
Kegiatan tersebut dihadiri Muspida Aceh Besar, staf ahli bupati, para kepala dinas, camat, PNS, TNI dan Polri, pelahar serta tokoh masyarakat Aceh Besar.
Rangkaian peringatan Hari Pahlawan Ke-68 di Kabupaten Aceh Besar diawali pada pukul 07.00 WIB dengan melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional, T Panglima Polem, di Gampong Lamsie, Kecamatan Kuta Cot Glie.
Ziarah tersebut dipimpin Sekdakab Aceh Besar Drs H Jailani Ahmad MM, Muspida Aceh Besar, dan pejabat Pemkab Aceh Besar. Selain berdoa, dalam kesempatan itu, juga diserahkan bingkisan kepada para ahli waris pahlawan nasional tersebut.
Sedangkan puncak kegiatan Hari Pahlawan dipusatkan di Kompleks SMA Unggul A Hasjmy di Kecamatan Indrapuri. Dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Besar membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia, DR Salim Segaf Al Jufri MA.
Mukhlis Basyah menyatakan rasa bahagianya, karena meskipun dilaksanakan pada hari Minggu, namun antusias para Muspida dan PNS untuk menghadiri Hari Pahlawan Ke-68 sangat besar. Dikatakannya, kegiatan yang mengusung tema “Pahlawanku Idolaku” itu untuk mengingatkan kembali kepada kita semua dan bagi generasi muda khususnya sebagai penerus cita-cita agar nilai-nilai perjuangan yang telah dibangun tidak boleh dilupakan sampai kapanpun.
“Semangat kepahlawanan dan perjuangan yang dipresentasikan dalam bentuk cinta tanah air, pantang menyerah, peduli, dan berbagi, serta toleransi harus menjadi sumber motivasi untuk mengatasi berbagai tantangan dalam menyelesaikan semua masalah yang kita hadapi di waktu kini dan mendatang,” katanya.
Peringatan Hari Pahlawan harus dijadikan sebagai refleksi terhadap keyakinan jati diri bangsa yang bermartabat diinspirasi oleh para pejuang yang telah gugur di medan laga dan rasa syukur atas anugerah yang diberikan Allah SWT kepada bangsa ini.
“Kemerdekaan bangsa dilalui melalui proses perjuangan yang sangat panjang, heroik, dan disertai dengan pengorbanan yang luar biasa dari para pejuang dan para pahlawan pendahulu kita,” kata Mukhlis Basyah. (sp/mp)
SHARE :
 
Top