ads1

Lamurionline.com--Banda Aceh - Dakwah dalam Islam adalah sesuatu hal yang mesti dilakukan secara terus-menerus meski tantangan dan halangan selalu ada. Namun kunci mengahadapi semua itu adalah memiliki ilmu dan memiliki kesabaran.

Demikian disampaikan Walikota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal SE saat membuka Kegiatan Penguatan Dai Perkotaan, Rabu (28/5/14) di Aula lantai II, gedung C Balaikota Banda Aceh. Kata Illiza, para dai harus membekali diri sendiri sebelum mendakwahkan orang lain.

“Untuk modal kita berdakwah pertama dengan ilmu dan amal, tanpa ilmu tak mungkin beramal. Setelah itu kuncinya bersabar,” ujar IIliza.

Ia menambahkan, tugas berdakwah tidaklah tugas da’i semata, melainkan tugas semua umat Islam. Begitu juga untuk berdakwah tidak mesti orang yang lulusan pendidikan agama, tapi dakhwahkan apa yang bisa didakwahkan walau itu kecil.

“Kita berdakwah agar saudara kita bertaubat, jangan sampai pula ketika berdakwah merasa kita yang paling suci, oleh karena itu kita harus berjuang untuk diri kita dulu,” tambahnya.

Illiza berharap, dengan adanya para da’i yang terlatih menjadikan modal untuk Banda Aceh menjadi kota madani.

Sementara itu Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh Mairul Hazami dalam laporannya  mengatakan, pelatihan semacam ini perlu dilakukan untuk meningkatkan dakwah secara holistik. Dimana para dai ini nantinya akan dibentuk dalam empat kelompok.

“Ada model dai simpantik, model mengunjungi rumah kos, ada yang ditugaskan mengunjuji cafe-cafe, warnet, dan model keempat yaitu ditempatkan di tempat umum untuk mengajak menghidupkan shalat berjamaah,” kata Mairul.

Lanjutnya lagi, di setiap gampong juga ditempatkan seorang petugas yang memberi data pelanggaran syariat yang dilakukan gampong tersebut, sehingga pihak Dinas Syariat Islam mengetahui kebutuhan dakwah model apa.

Pelatihan yang dibuka Plh Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal berlansung selama satu hari dan diikuti oleh 60-an dai dalam wilayah Kota Banda Aceh. Hadir sebagai pemateri pada acara ini ustad Drs Faisal Hasan Sufi. (Mkk/sp) http://atjehlink.com/


SHARE :
 
Top