ads1

Lamurionline.com--Banda Aceh – Gubernur Zaini Abdullah menegaskan, Pemerintah Aceh telah menyiapkan sejumlah program inti berupa revitalisasi pertanian dan mendorong pemanfaatan teknologi di sektor perikanan. Hal itu dilakukan karena sektor pertanian dan perikanan merupakan penunjang pertumbuhan ekonomi rakyat.

“Untuk meningkatkan dua sektor ini, mulai tahun ini kita akan perluas areal dengan memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif, sehingga Aceh lebih mampu berperan sebagai lumbung pangan nasional,” kata Gubernur Zaini usai membukaPekan Daerah (PEDA) Petani Nelayan Aceh 2014, pagi tadi, Sabtu (3/5/2014) di Taman Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh.

Gubernur juga berharap event PEDA yang digelar 3-6 Mei mendatang, mampu memotivasi petani dan nelayan di Aceh untuk terus meningkatkan kapasitas diri, memperkuat kebersamaan, salingberbagi pengetahuan dan dapat membangun jejaring kerjasama untuk meningkatkan kesejahteraan petani nelayan di seluruh Aceh.

Lebih lanjut Zaini Abdullah mengatakan, selain penguatan di bidang pertanian, Pemerintah Aceh juga telah menyediakan 40 unit kapal dengan bobot 30 GT dan 40 GT kepada kelompok nelayan, dengan harapan bisa meningkatkan produk perikanan tangkap Aceh yang potensinya mencapai 273 ribu ton per tahun.

“Tapi semua itu belum cukup. Masih banyak langkah lain yang perlu kita siapkan bersama demi keberhasilan sektor pertanian dan perikanan, mulai dari penguatan kelembagaan, penyediaan tenaga penyuluh ahli, meningkatkan koordinasi antar lembaga, serta merancang penganggaran yang ideal,” imbuhnya. [sp]



SHARE :
 
Top