Adv

Adv

Lamurionline.com--Kota Jantho : Masjid besar Al Faizin Lampeuneurut Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar terpilih sebagai juara pertama lomba masjid teladan tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2015.
Lomba yang digelar Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Besar diikuti oleh 23 masjid besar (masjid kecamatan) dari 23 kecamatan yang ada di kabupaten itu.

Kepala Kankemenag Aceh Besar melalui Kepala Penyelenggara Syariah, H Khalid Wardana SAg, Rabu (30/12/2015) mengatakan, setelah dilakukan penilaian oleh tim yang terdiri dari unsur Kankemenag, UIN Ar Raniry dan BKPRMI dengan melakukan penilaian dari bahan presentasi administrasi dan peninjauan ke lingkungan masjid.
Hasil penilain menetapkan Masjid Al Faizin Lampeunerut meraih nilai 96 sebagai juara pertama, di susul juara kedua Masjid Baitul Makmur Sibreh Kecamatan Sukamakmur nilai 88 dan juara ketiga diraih Masjid Babussalam Lam ujong Kecamatan Krueng Barona Jaya dengan nilai 81.
"Lomba itu diadakan karena berdasarkan hasil evaluasi dan pengamatan pihaknya, masih banyak masjid kecamatan di Aceh Besar yang tak berfungsi secara maksimal," jelasnya.
Menurut Khalid Wardana, kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme pemberdayaan masjid dalam rangka menjadikan masjid sebagai pusat aktivitas ummat.
"Ironisnya lagi masih ada masjid yang tidak berfungsi dengan maksimal dengan manajemen amburadul. Jangankan menghidupkan masjid dengan kegiatan pendidikan dan pengajian, untuk shalat berjamaah lima waktu tidak berjalan,"tuturnya lagi.
Ditambahkan Khalid Wardana yang juga ketua panitia Hari Amal Bakti (HAB) ke 70 Kemenag Aceh Besar, penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba masjid teladan akan dilaksanakan pada saat peringatan HAB ke 70 yang d pusatkan di lapangan Bola kaki Kuta Malaka, Samahani pada Senin (4/1/2016).
Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HAB ke 70 meliputi lomba masjid teladan, lomba antar madrasah, Pekan Olahraga dan Seni (Porseni), kunjungan sosial, penyerahan satya lencana dari Presiden RI dan penyerahan sertifikat tanah wakaf.(Syahril/AA).KBRN, 
SHARE :
 
Top