ads1

Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali menyerahkan peralatan kerja untuk kegiatan TMMD ke-101 Kodim 0101/BS tahun 2018 di lapangan sepakbola Gampong Aneuk Glee, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, Rabu (4/4/2018).
Lamurionline.com. KOTA JANTHO - Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali secara resmi membuka Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS tahun 2018 di lapangan sepakbola Gampong Aneuk Glee, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, Rabu (04/04).

Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali yang menjadi inspektur upacara pada pembukaan TMMD itu, menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada TNI atas program serbuan teritorial yang telah mendukung dan mendeklarasi pembangunan di wilayah Aceh Besar khususnya dengan diadakannya program TMMD ke 101 Tahun 2018 ini oleh Kodim 0101/BS.

"TMMD ini merupakan wujud sinergisitas TNI dan Pemkab untuk kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali bersama Wabup Tgk H Husaini A Wahab dan unsur Forkopimda serta pimpinan TNI/Polri meninjau lokasi sasaran TMMD Kodim 0101/BS tahun 2018 di Gampong Aneuk Glee, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, Rabu (4/4/2018).
TMMD yang rencananya dilaksanakan selama 30 hari mulai 4 April hingga 3 Mei 2018 dipusatkan di Gampong Aneuk Glee, Indrapuri, merupakan kerjasama Pemkab Aceh Besar dengan Mabes TNI. Oleh karena itu, ia berharap kerjasama dan dukungannya semua pihak serta masyarakat setempat sehingga nantinya kegiatan ini dapat terlaksanakan dengan tertib, aman, lancar, dan sukses. 

Dijelaskan Bupati Aceh Besar, kegiatan yang akan dilakukan dalam pelaksanaan TMMD yakni pembangunan sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik meliputi pembuatan jalan sepanjang 4 km, optimalisasi jalan sepanjang 4 km, rehab 14 unit rumah tidak layak huni, rehab balai pengajian dan sarana ibadah, pembukaan MCK plus, pembukaan lapangan voly, pembuatan balai pemuda, pembuatan pagar SDN Aneuk Glee, pembagian perlengkapan sekolah serta pembagian tanaman produktif dan kebun kluster masyarakat.

Sedangkan, sasaran non fisik meliputi penyuluhan KB, penyuluhan pertanian dan peternakan, penyuluhan keagamaan, penyuluhan bahaya laten komunis dan terorisme serta penyuluhan wawasan kebangsaan. Sementara sumber dana yang digunakan untuk kegiatan tersebut bersumber dari Pemkab Aceh Besar dan Mabes TNI.

"Dengan berbagai kegiatan TMMD baik fisik maupun non fisik saya harap gampong Aneuk Glee dapat mengejar ketertinggalan pembangunan dari gampong-gampong lain di Aceh Besar," terang Mawardi.

Menurut Bupati Mawardi Ali, dengan adanya berbagai kegiatan pada TMMD ini nantinya, masyarakat Aneuk Glei mampu mewujudkan peningkatan kesejahteraan.

"Kiranya masyarakat disini mampu meningkatkan kesejahteraan seperti yang sudah kita cita-citakan bersama yaitu mewujudkan Aceh Besar yang sejahtera serta menurunkan angka kemisikinan,” harapnya.


Selanjutnya ia berharap kegiatan ini dapat menyentuh kebutuhan masyarakat pedesaan, pemerataan pembangunan, upaya peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan kepedulian dalam mengatasi kebutuhan masyarakat pedersaan.

"Untuk itu konsep pembangunan pedesaan kedepan adalah penguatan partisipasi masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan sampai pengawasan. Selamat bekerja, bersama TNI Pemerintah tanggap, bersama masyarakat TNI kuat," demikian Bupati Aceh Besar Mawardi Ali.

Setelah upacara pembukaan TMMD ke 101 tahun 2018 Bupati Aceh Besar bersama Wakil Bupati Aceh Besar dan unsur Forkopimda serta pimpinan TNI/Polri meninjau lokasi sasaran TMMD, guna melihat hasil yang telah dicapai pada pra TMMD tahun 2018.

Personel yang terlibat pada kegiatan ini terdiri dari unsur TNI/Polri dan masyarakat. Pada acara pembukaan tersebut turut dimeriahkan penampilan marching band dari Pesantren Modern Tgk Chiek Oemar Diyan, Indrapuri dan juga digelar pemeriksaan kesehatan, serta donor darah.

Pembukaan TMMD itu dihadiri Dandim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto SIP, Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab, Ketua DPRK Sulaiman SE, Kapolres AKBP Heru Suprihasto SH, Kajari Mardani SH, sejumlah Komandan satuan dijajaran KODAM Iskandar Muda dan Polda Aceh, Danlanud SIM, Danlanal Sabang, sejumlah Kepala SKPK Pemkab Aceh Besar, Muspika Indrapuri, tokoh dan ratusan masyarakat setempat. (mariadi)
SHARE :
 
Top