ads1

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali meninjau pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berlangsung di SMPN 3 Ingin Jaya, Senin (23/4/2018). Foto: Mariadi
LAMURIONLINE.COM | KOTA JANTHO - Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dan Wakil Bupati (Wabup) Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab meninjau pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berlangsung di beberapa sekolah, Senin (23/4/2018).

Sebanyak 5.825 siswa/i tingkat SMP/MTs se-Aceh Besar mengikuti UNBK yang dimulai sejak 23 hingga 26 Mei 2017.  Adapun mata pelajaran yang diuji meliputi pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi mengawali peninjauan pukul 08.30 di SMPN 3 Ingin Jaya, turut didampingi Sekdakab Aceh Besar, Drs Iskandar MSi, Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Fata Muhammad SPd MM, Kakankemenag Drs H Salahuddin MSi, Kepala BKPSDM Aceh Besar Drs Asnawi MSi, Muspika Ingin Jaya. Saat pelaksanaan UNBK belum bisa dimulai karena ada kendala belum coneksi server dengan pusat kendali di Jakarta. Bupati Mawardi Ali bersama pejabat lainnya menunggu hingga pukul 09.00 Wib server baru terbuka dan ujian bisa dimulai.

Foto: Mariadi
Disela-sela pemantaun UNBK, Bupati Aceh Besar Mawardi mengatakan pelaksanaan ujian dengan sistem komputer dimana kompetensi lulusan peserta didik hasil dari proses pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). 

"Saya mengapresiasi kerja keras dinas terkait sehingga sistem ujian dengan komputer bisa dilaksanakan di hampir seluruh SMP/MTs di Aceh Besar. Semoga kelulusan tahun ini terus membaik,” tegasnya.


Pada kesempatan itu, Bupati Mawardi Ali berserta rombongan juga meninjau pelaksanaan UNBK di SMPN 2 Blang Bintang, dan MTsN Tungkop. Bupati Ir. Mawardi Ali menemui beberapa siswa yang sedang istirahat saat meninjau dua sekolah lainnya sembari memberikan semangat dan selanjutnya akhir pemantauan UNBK di Pondok Pesantren Al Manar.

Dikesempatan itu, guru pengawas UNBK kepada Bupati Mawardi Ali menyampaikan tidak ada kendala bagi siswa dalam melaksanakan UNBK, karena sudah dilakukan simulasi. TIK sudah tidak asing lagi bagi siswa karena sudah masuk dalam pelajaran muatan lokal.

Foto: Mariadi
Sedangkan Wabup Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab pada hari pertama UNBK bersama sejumlah pejabat jajaran Pemkab Aceh Besar melakukan peninjauan di SMPN 1 Kota Jantho, SMPN 1 Seulimuem dan MTsN Indrapuri.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Fata Muhammad SPd MM, menyebutkan pelaksanaan UNBK di Kabupaten Aceh Besar tahun ini diikuti oleh 5.825 peserta dari 102 sekolah yang tersebar di SMP dan MTs.

"UNBK dilaksanakan selama 4 (empat) hari yang dilangsungkan dalam 3 (tiga) sesi karena jumlah siswa yang banyak belum sebanding dengan peralatan yang masih terbatas," katanya. (Mariadi)
SHARE :
 
Top