ads1

Reporter: Dua Jejak

Nusa adalah salah satu Gampong yang berada dalam kawasan Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. 

Untuk sampai ke Gampong Nusa tidak perlu berjalan kaki puluhan Kilo, tidak perlu mendaki berhari-hari, tidak perlu keluar masuk rimba ataupun menyeberang sungai. Cukup berkendara saja ke arah Barat Aceh, tepatnya di Jalan Banda Aceh – Meulaboh KM 8,5.
Gampong Nusa tidak berbeda dengan Desa lainnya, dengan jumlah penduduk kurang lebih 1000 orang dari 250 KK.

Gampong Nusa berbekal ide dan konsep sederhana setapak demi setapak melangkah menuju Desa Wisata. Adapun ide “Nusa Desa Wisata” diprakarsai oleh seorang perempuan Penggiat Wisata, Nurhayati. Beliau menjabat sebagai Ketua Lembaga Pariwisata Nusa yang berbasis masyarakat.



Semua ide sederhana di aplikasikan dalam konsep “Nusa Festival” diselenggarakan sekali dalam setahun yang menarik minat Wisatawan Nusantara dan Wisatawan Asing, dapat dilihat dari daftar buku tamu yang disampul unik, diantaranya Malaysia, Australia, Negara-negara dari Eropa dan Amerika.

Sungguh spektakuler dari ide sederhana menarik Wisatawan dari berbagai Benua. Benar adanya untuk mendaki ke Puncak dimulai dengan satu langkah kecil yaitu keluar dari pintu rumah.


Adapun Kegiatan-kegiatan yang dikemas dalam Nusa Festival setiap tahun berganti-ganti sesuai dengan tema yang digagas untuk disetiap tahunnya.

Wisata Kuliner
Wisatawan dapat menikmati berbagai macam menu masakan tradisional khas Aceh Besar, dari cemilan hingga makanan berat yang sungguh nikmat luar biasa, diantaranya ubi sama ketela rebus dibaluri dengan kelapa parut, Pizza Aceh, Kuah On Murong, dan aneka panganan lainnya.


“Pizza Aceh”
Merupakan salah satu jenis masakan tradisional Aceh. Dengan bahan utama Telur yang dipadu dengan kelapa. Kuliner khas ini dapat menjadi pilihan tepat untuk dicicipi
Aneka Bumbu seperti Cabe Hijau, Bawang Putih, Cabe Rawit, Serai, 
Bawang Merah, dan Asam Sunti. Harumnya daun jeruk bercampur unik dalam sajian kuliner lokal yang digoreng ini.

“Kuah On Murong”
Daun Kelor dalam Kuliner Aceh sering disebut Kuah On Murong adalah jenis Kuah yang sering disematkan dengan cerita rakyat “Ahmad Rahmanyang”. 

Perpaduan Daun Kelor dengan Daun Belimbing, Daun Kangkung, On Gawe , Serai, Cabe Hijau, Jagung dan Daun Jeruk, menjadikan Kuliner ini begitu fresh di lidah.

Dengan cara memasak yang sederhana 
Yaitu memanaskan air sampai mendidih,
selanjutnya masukkan Dedaunan dan Garam
Lalu biarkan sejenak sebelum dihidangkan.

Wisata Echogreen
Nurhayati bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam Lembaga Pariwisata Nusa (LPN) sedang gemar-gemarnya mensosialisasikan Nusa Menanam, dimulai dari menanam sayur mayur dari rumah ke rumah yang nantinya akan diadakan lomba memasak dari sayuran hasil dari rumah warga setempat.



Wisata Kreasi Nusa
Barang-barang bekas yang tidak digunakan lagi diolah menjadi produk unik dan cantik, seperti tempat tissue, topi, tas, dompet, dan sebagainya. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari 50 Ribu sampai 150 Ribu Rupiah.


Wisata Panorama Nusa
Gampong Nusa dengan Background Bukit, hamparan sawah dan sungai sangat asik untuk aktifitas camping, memancing, hunting photo dan menikmati indahnya Sunset dan Sunrise, disini juga disediakan jasa penyewaan tenda dan perlengkapan camping, so Jejakers tinggal bawa diri saja. 

Yang sangat menarik setiap wisatawan yang berkunjung ke Gampong Nusa, penginapannya tersebar disetiap rumah warga, wisatawan bisa langsung berbaur dengan masyarakat Gampong Nusa yang ramah dan bersahaja. 

Tarifnya pun lumayan terjangkau cukup membayar 60 Ribu Per Malam, lebih unik lagi disini tidak ada fasilitas AC, karena konsep Desa Wisata Nusa adalah Wisata Echogreen yang ramah lingkungan, keren bukan Jejakers?

Para wisatawan juga akan disuguhkan kesenian Khas Aceh, yaitu Rapai oleh pemuda setempat.

Untuk tahun ini Nusa Festifal direncanakan akan diselenggarakan pada Bulan Agustus 2018.

Semoga gampong Nusa semakin sukses, semakin memukau menuju Kemandirian Desa melalui Pariwisata.

Akhir kata mari melangkah, mari menapak jejak, bukankah jauh berjalan banyak dilihat, mari kita lihat Nusa Festifal 2018, Tabik Jejakers.

Penulis, Thabrani Takdir Lubis
Editor, Popy CS Morian

Hak Publis, Dua Jejak
SHARE :
 
Top