ads1

Foto: Munawar AR
Lamurionline.com. BANDA ACEH - Untuk memastikan pelayanan dasar setiap warga terpenuhi, Pusat Kajian dan Advokasi Perlindungan dan Kualitas Hidup Anak Universitas Indonesia bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) Aceh melatih mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar Raniry Banda Aceh , Sabtu (31/03).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat mindset bagi mahasiswa tentang pentingnya administrasi kependudukan bagi warga negara karena para mahasiswa akan berangkat untuk melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) bukan bertugas untuk mengecat menasah, plang nama lorong dan kegiatan fisik lainnya.

Direktur PKPM Dr Muslim Zainuddin, MSI dalam sambutannya mengatakan bahwa mahasiswa harus menjadi harapan baru sebagai leader solutif untuk menyelesaikan persoalan administrasi masyarakat di lokasi KPM (kuliah pengabdian masyarakat).

“Kegiatan ini diharapkan menjadi motivasi baru bagi adek-adek semua untuk membantu masyarakat secara langsung di level grassrots” ujarnya

Fasilitator Puskapa UI Rahmadi mengatakan bahwa mahasiswa sebagai agen perubahan
memastikan setiap anak mendapatkan hak perlindungan, identitas hukum bagi semua warga negara.

“Dana desa yang begitu besar bukan hanya untuk kerja-kerja fisik saja, ada porsi lain yang bisa di gunakan salah satunya adalah menuntaskan administrasi kependudukan di tingkat bawah” harapnya

Selanjutnya ia menambahkan contoh kasus ketika pemilu dan pilkada masih ada undangan pencoblosan kepada almarhum, ini membuktikan belum tertibnya administrasi di tingkat gampong.

Pada hari yang sama juga dilakukan penandatanganan MoU oleh Dekan FTK Dr Mujiburrahman, MA dan Direktur PKPM Aceh Dr Muslim Zainuddin MSI tentang advokasi Perluasan Pencatatan Kelahiran Anak dan Perlindungan Anak di wilayah KPM UIN Ar Raniry dan PKPM Aceh di saksikan para wakil dekan FTK.

Turut hadir Kordinator Pokja Identitas Hukum wilayah Aceh M Ridha, Komisioner Pengawasan dan Perlindungan Anak Aceh Firdaus D Nyak Idin, Program Manager PKPM Aceh Mahmuddin dan Relawan kependudukan PKPM Aceh. (Munawar AR)
SHARE :
 
Top