Loading...

Dok. IST
LAMURIONLINE.COM | JAKARTA - Sebuah seminar ulama internasional Ke V digelar di Jakarta pada 3 - 6 Juli 2018, bertempat di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat. Acara ini diselenggarakan oleh Persatuan Ulama dan Dai se-Asia Tenggara bekerjasama dengan Yayasan Al-Manarah Al-Islamiyah dengan dukungan Pemprov DKI Jakarta.

Menurut Ketua MIUMI Aceh Ustad Dr Muhammad Yusran Hadi Lc MA melalui press releasenya yang diterima Lamurionline.com, Jum'at (06/07) pagi,  sekitar 600 peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia mewakili beragam instansi pendidikan dan dakwah Islam serta ormas Islam.

Hadir peserta multaqa dari Aceh ketua MIUMI Aceh Ustaz Dr Muhammad Yusran Hadi Lc MA, Rektor Unmuha Dr Muharrir Asy'ari Lc MAg, dan pimpinan Ma'had Dar Maryam ustaz Khalil Akbar.


Hadir pula dalam pertemuan tersebut utusan dari negara-negara Asean (Brunai Darussalam, Malaysia, Singapura, Burma, Philipina, Kamboja, Vietnam dan Burma).

Selain itu turut hadir deretan tokoh-tokoh Islam dari Cina, Jepang, Ghana, Togo hingga Inggris dan Jerman yang juga hadir menyemarakkan acara ini.

"Ini adalah kelima kalinya terselenggara setiap tahunnya. Untuk tahun ini, tema yang menjadi pokok bahasan adalah persatuan umat, mengacu pada firman Allah dalam surat Ali Imran ayat 103:

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَأَنقَذَكُم مِّنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ (103)

_”Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” jelas Ustad Yusran Hadi.

Acara ini dibuka oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla. Turut hadir memberikan sambutan, Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Ketua MUI KH Makruf Amin dan Wakil Ketua MPR Dr Hidayat Nur Wahid.

Sementara itu beberapa tokoh nasional juga tampil sebagai pembicara. Di antaranya Prof Dr Yunahar Ilyas, KH Said Agil Al-Munawwar, Dr Muchlis Hanafi, KH Zaitun Rasmin, KH Bahtiar Nasir, Ust Abdul Shomad dan Ust Adi Hidayat.


Sedangkan para ulama Timur Tengah yang hadir untuk memberikan materi di antaranya, Dr Thoha Abidin (Sudan), Dr Fakhruddin Az Zubair (Sudan), Muhammad bin Ali Asy Syinqiti (Mauritania), Syaikh Ahmad Murobit (Mauritania), Syaikh Hasan Bukhori (Saudi), Syaikh Muwaffaq Kadasah (Saudi), Syaikh Abdullah bin Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithi (Saudi) dan Syaikh Dr Hasan Bukhari (Saudi).

Rencananya, acara ini akan ditutup pada Jumat, 6 Juli 2018 (hari ini-red) ditandai shalat Jumat di masjid Istiqlal dengan imam Syaikh Dr Hasan Bukhari, Imam Masjidil Haram, Mekkah yang sebelumnya juga tampil sebagai pembicara. (*)
SHARE :
 
Top