Loading...

Dok. IST
LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH - Guna menyambut Peringatan Hari Ibu Ke-90 dan mengenang 14 tahun tsunami Aceh, Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Aceh  menggelar  beberapa kegiatan dan aneka lomba yang diikuti oleh pengurus organisasi wanita Kabupaten/ Kota  di Aceh. Kegiatan berlangsung di Aula BKOW Aceh, selama dua hari (25-26  Desember 2018).

Ketua Panitia Kegiatan Hj Nurhayati SH, menyatakan bahwa Hari Ibu tidak hanya menghargai harkat wanita sebagai ibu, tapi  pejuang yang terus mengisi kemerdekaan. 


Sementara Dr Ir Diyah Erti Idawati selaku istri Plt. Gubernur Aceh, saat membuka acara mengungkapkan bahwa makna memperingati hari ibu 22 Desember memiliki sejarah. Dimana sebutnya, semangat kaum wanita bersama dengan kaum laki-laki bahu membahu ikut serta memperjuangkan kemerdekaan RI, diadakannya Kongres Wanita Indonesia yang lahir tahun 1946 dikuatkan dengan Kepres 22 Desember yang ditetapkan menjadi hari nasional bagi pergerakan perempuan.

Ketua BKOW Aceh, Ir Djuita Djalaluddin MP melalui pesan Whatsapp yang diteruskan ke Redaksi Lamurionline.com, juga menghimbau untuk semua ibu-ibu generasi muda untuk mengenang perjuangan seorang ibu saat melahirkan, membesarkan dan mendidik generasi seperti saat ini.

Hari ibu sebut Djuita,  sangat berbeda dengan Mother's Day di Amerika dan negeri barat lainnya. Merayakannya bukan hanya menghargai jasa wanita dalam konteks keluarga melainkan menghargai wanita sebagai pejuang dan sebagai perempuan yg mengisi kemerdekaan.


Beberapa agenda BKOW, antara lain On-Air di RRI Banda Aceh dlm rangka Hari Ibu ke 90 dan Mengenang Peristiwa Tsunami (19/12), Ziarah, Zikir dan Doa di Makam Tsunami Ule Lhee diikuti oleh Pengurus dan Organisasi yg bernaung di BKOW (21/12), Puncak acara HI di hadiri oleh Ibu Plt. Gubernur Aceh sekaligus membuka acara lomba (Menata dan menghias kue jajanan pasar, Mengukir buah dan Menghias wajah) serta Membuka Bazaar yg diikuti oleh ibu-ibu dari organisasi dan pengrajin industri RT serta GOW Aceh Tengah (25/12)

BKOW Aceh juga mengadakan tausiah oleh Hj Adiwarni MAg dan Zikir/ Doa dipimpin oleh DR Nur'aini Muhamad serta memberikan santunan kepada ibu-ibu prasejahtera dilingkungan BKOW



Dalam kegiatan tersebut, ormas Islam pengurus  'Aisyiyah juga ikut berpartisipasi dalam aneka lomba dan bazar dari bidang ekonomi dan bidang Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB), dimana sebagian hasil dari bazar tersebut akan didonasikan untuk kegiatan sosial kebencanaan. 

Kobtributor: Cut Rahmawati
SHARE :
 
Top