Adv

Adv

Dok. Humas Pemkab Aceh Besar
LAMURIONLINE.COM I KOTA JANTHO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menyerahkan 3.728 anggota Perlindungan masyarakat (Linmas) kepada Polres Aceh Besar dan Polresta Banda Aceh. Penyerahan anggota Linmas dan penandatanganan berita acara itu dilakukan Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali kepada Kapolres Aceh Besar, AKBP Ayi Satria Yuddha dan Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, untuk diperbantukan dalam pengamanan pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019 pada apel siaga dan pembekalan personel pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari TNI/Polri dan Linmas di Lapangan Bungong Jeumpa, Sabtu (13/4).

Usai melakukan inspeksi kesiapan pasukan pengamanan pemilu tersebut, Bupati Aceh Ir Mawardi Ali selaku inspektur upacara dihadapan ribuan anggota Linmas meminta untuk menyukseskan Pemilu serentak Pemilihan Presiden/ Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yaitu pemilihan anggota DPRK, DPRA, DPR RI dan DPD RI pada 17 April 2019 mendatang. 

"Jadi semua pihak harus terlibat dan memahami peran serta tanggung jawab masing-masing, tak terkecuali peran aktif Linmas sebagai ujung tombak pengamanan disetiap TPS dengan dibantu oleh TNI dan Polri," tandasnya.

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menyaksikan penandatanganan penyerahan 3.728 anggota Linmas) kepada Kapolres Aceh Besar dan Kapolresta Banda Aceh pada apel siaga dan pembekalan personel pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari TNI/Polri dan Linmas di Lapangan Bungong Jeumpa, Sabtu (13/4/2019).
Mawardi menjelaskan, sebanyak 3.728 anggota Satlinmas atau yang populer disebut Hansip dikerahkan untuk mengamankan 1.192 TPS  yang tersebar di 604 gampong di wilayah Kabupaten Aceh Besar.

"Setiap TPS akan dijaga oleh dua orang Linmas yang menjadi garda terdepan dalam pengamanan di TPS, sementara TNI/Polri akan membackup dan juga dilakukan penyesuaian," ujar Mawardi Ali.

Ia berharap agar anggota Linmas tetap fokus jalannya Pemilu 2019 yang tinggal beberapa hari lagi dan juga memberikan dukungan penuh kepada penyelenggara pemilu, mulai kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), Komisi Independen Pemilihan (KIP) dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu). 

"Dengan memberikan jaminan dan membantu mengamankan jalannya proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS maupun pengamanan kotak suara dari TPS ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) sampai KIP di Kabupaten," pintanya.

Lebih lanjut Bupati Aceh Besar mengingatkan bahwa Pemilu 2019 adalah pesta demokrasi rakyat yang tentunya diharapkan bersama berjalan lancar dan damai. 

"Tentunya anggota Linmas bersama jajaran Polres Aceh Besar, Polresta Banda Aceh dan Kodim 0101/BS menjadi garda paling terdepan dalam mewujudkan situasi kondusif yang aman dan terkendali," pungkas Mawardi Ali



Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Kasatpol PP dan WH) Kabupaten Aceh Besar, M Rusli SSos mengatakan anggota Linmas yang berjumlah 3.827 orang itu sudah siap di terjunkan untuk mendukung tugas pengamanan dibawah tanggung jawab kepolisian. Sebanyak 1.834 orang berada di wilayah hukum Polres Aceh Besar terdiri dari 1.066 Linmas TPS, 684 Linmas gampong dan 65 Linmas kecamatan. Sedangkan, 1.894 orang berada di wilayah hukum Polresta Banda Aceh masing-masing 1.320 Linmas TPS, 524 Linmas gampong dan 50 Linmas kecamatan.

Turut hadir pada apel siaga tersebut, Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi, Wakapolres Aceh Besar Kompol PradanaAditya N, staf ahli bupati, asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Kabag Setdakab Aceh Besar, para Camat, personil Polresta Banda Aceh, Polres Aceh Besar, Kodim 0101/ BS. (mariadi humas)
SHARE :
 
Top