Melalui Milad Media LAMURI Yang Ke-10 Kami Terus Berbenah Untuk Berbagi Informasi Kepada Pembaca (15 Juli 2010 - 15 Juli 2019) FDP Kirim Kafilah Ramadhan Ke Pulau Banyak - Lamuri Online
Loading...

Ketua Forum Dakwah Perbatasan (FDP) Nurkhalis menyerahkan secara simbolis bantuan dari masyarakat kepada dai Kafilah Ramadhan pada acara pelepasan di kantor pusat FDP di lantai 2 Sobat Seduh Coffee, Jln. Panglima Nyak Makam, Banda Aceh, Minggu (28/4/2019). Dok. IST
LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Pengurus Pusat Forum Dakwah Perbatasan (FDP) bekerjasama dengan Pengurus Wilayah Dewan Dakwah Aceh dan Pengurus Wilayah Hidayatullah Aceh mengirim Kafilah Ramadhan ke Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. 

Sebanyak 3 dai Kafilah Ramadhan tersebut diantaranya Ustad Muhammad Nadir, Ustad Andrean Hidayat dan Ustad Ramadhan akan ditempatkan di Gampong Suka Makmur Kec. Pulau Banyak Barat. Akan tetapi wilayah kerjanya mencakup semua gampong yang ada di daerah tersebut.

“Alhamdulillah, ini merupakan Expedisi Dakwah Pulau Banyak yang ke II. Semoga kegiatan serupa juga akan terus berjalan pada tahun-tahun selanjutnya," kata Ketua Forum Dakwah Perbatasan (FDP) Nurkhalis saat memberikan sambutannya pada acara pelepasan kafilah dakwah Ramadhan 1440 H di kantor pusat FDP di lantai 2 Sobat Seduh Coffee, Jln. Panglima Nyak Makam, Banda Aceh, Minggu (28/4).

Turut hadir dalam pelepasan tersebut Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Dr Tgk Hasanuddin Yusuf Adan MCL MA, Ketua BM Hidayatullah Ustad Syakir dan pengurus FDP lainnya. 

Pada kesempatan itu Ketua Forum Dakwah Perbatasan (FDP) Nurkhalis juga menyerahkan secara simbolis bantuan dari masyarakat kepada dai Kafilah Ramadhan yang natinya akan diserahkan kepada masyarakat yang memerlukannya di Pulau Banyak.

Nurkhalis menjelaskan selama ramadhan mareka akan mengisinya dengan berbagai kegiatan. Diantaranya menjadi Iman shalat 5 waktu, khatib dan imam jum'at, imam tarawih dan kultum ramadhan serta tausyiah bada shalat 5 waktu.

“Selain itu mareka juga akan menghidupkan TPA anak-anak, pembinaan muallaf, menjadi imam dan khatib idhul fitri dan merekrut anak-anak yang ingin disekolahkan di pesantren dan Akademi Dakwah,” jelas Nurkhalis.

Nurkhalis menjelaskan tujuan utama pengiriman kafilah ramadhan melalui Expedisi Dakwah Pulau Banyak ke II ini adalah untuk menjalankan misi dakwah di daerah pedalaman Aceh, meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai islam dalam kehidupan masyarakat dan mendidik kader-kader dakwah di daerah pedalaman tersebut serta menghidupkan syiar Ramadhan.

“Sebelumnya FDP juga sudah mengirimkan tim survey ke Pulau Banyak tersebut. Hasilnya ditetapkanlah Gampong Suka Makmur di Pulau Banyak Barat itu sebagai pusat kegiatan selama ramadhan. Hal ini dikarenakan gampong tersebut sekitar 80% penduduknya merupakan muallaf yang masih memerlukan pembinaan dan pemahaman nilai-nilai keislaman yang sebenarnya. Selain itu daerah tersebut juga berbatasan langsung dengan daerah non muslim sehingga diperlukan pendampingan penguatan akidah bagi masyarakatnya,” ungkap Nurkhalis.

Nurkhalis menambahkan tim kafilah ramadhan ini merupakan tim pembuka untuk program dakwah di Pulau Banyak. Mareka hanya sekitar 45 hari saja bertugas di daerah tersebut. Dan kedepannya direncanakan akan ada tim yang akan tinggal selama 1 tahun di Pulau Banyak itu.

“Ini merupakan usaha kita bersama dan partisipasi aktif dalam rangka mengawal dan membina saudara-saudara kita di daerah pedalaman dan perbatasan Aceh yang juga merupakan daerah rawan aqidah. Dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua atas partisipasinya mendukung terlaksannya kegiatan ini,” pungkas Nurkhalis. (murdani tijue)
SHARE :
 
Top